Pak Beye, homo seperti apa yang Anda mau?

Saya akan bongkar skandal seks sesama jenis SBY dengan Daniel Sparingga”.

SMS HP # +6584393907

Homo praesumitur bonus donec probetur malus

Dan sms dari tempat gelap oleh orang tak jelas itu menjadi kisah curhat baru Sang Presiden, sehingga merasa penting untuk menggelar jumpa pres di Halim pada Senin, 30 Mei 2011. Begitulah, memang lain presiden, lain pula cara menyikapi rumor. Mari kita lihat trivia sejarah saat Sukarno diblackmail oleh salah satu negara barat dengan akan membuka petualangan seksualnya menjadi rumor besar andai tidak mau memberi informasi rahasia negara. Bukan Sukarno namanya kalau tidak balik menantang. “Buka saja, dan rakyat Indonesia akan bangga punya presiden yang lebih setia pada bangsa”. Soeharto juga pernah dilanda rumor berselingkuh dengan Rahayu Effendi yang konon dari sana lahirlah Dede Yusuf. Soeharto adalah orang yang amat ahli memilah rumor. Ia mengabaikannya, sehingga gossip murahan itu pupus dengan sendirinya sebagai serangan isu tak bermutu. Gus Dur lain lagi, ia pintar membalas rumor dengan humor. Saat terserang gosip Aryanti, humor yang berkelindan di seputar istana adalah konon Gus Dur akan menuntut balik dengan jerat pasal penipuan. Meski begitu, pernyataan resmi yang muncul adalah modifikasi slogan sakti “Gitu aja kok diurusi”.

Dari cara para pesiden menyikapi rumor penyerangan pribadi, kita bisa menakar kadar kecerdasan emosional (EI) masing-masing mereka. Kemampuan mengelola emosi adalah kesuksesan evolusi tertingi, sehingga manusia layak disebut Homo Sapiens (Manusia Bijaksana). Kebijakan mengelola emosi inilah yang membedakan Homo Sapiens dengan Homo Erectus juga spesies-spesies homo sebelumnya. Nah, Pak Beye, homo seperti apa yang Anda mau? Memang benar bahwa seorang pemimpin harus memiliki sikap tanggap terhadap setiap persoalan yang dihadapi bangsa dan negara, tapi persoalan pribadi tak patut diratapi sehingga hanya akan mengganggu kinerja. Ini sejalan dengan Daniel Goleman, penggagas utama teori kecerdasan emosional, bahwa emosi pemimpin itu menular ke seluruh organisasi. Bila ia memancarkan semangat dan antusiasme, kinerja organisasi akan meningkat, namun jika yang dipancarkan kemurungan dan perasaan menderita, maka kinerja organisasi dan bawahan akan merosot. Sialnya, organisasi yang sedang dipimpin Pak Beye ini adalah sebuah negara.

Maka Pak Beye, teruslah bekerja dan abaikan saja sms yang menurut Anda dikirim oleh hati yang gelap itu, bukankah kita juga harus memegang prinsip praduga bahwa seseorang tak bersalah – pun tak berhati gelap -, sampai ia terbukti bersalah? Prinsip “Homo praesumitur bonus donec probetur malus itu juga saya pegang teguh dalam menyikapi isi sms yang dituduhkan kepada Anda dan Daniel Sparingga. Eh, tapi lepas dari itu, apakah seks sesama jenis itu salah?

Homo sum, humani nihil a me alienum puto

Sampai tulisan ini dimuat, adu bukti ilmiah antara dua kelomp
ok peseteru bahwa homoseksualitas adalah normal atau tak normal masih berlangsung. Kelompok pertama adalah para pengibar prinsip dasar kemanusiaan sekular dan lawan utama mereka berbaris di jalan kanan diimami para paderi pengusung agama samawi. Saya lebih tertarik pada pendapat kelompok pertama yang menganggap kaum homo adalah normal. Dalam konteks pembuktian ilmiah, pendapat dikatakan rasional apabila terbebas dari pengaruh mitos atau keyakinan agama.
Namun begitu perbedaan pendapat harus tetap dijaga dalam semangat dialektika keberagaman. Setidaknya suasana seperti itu yang diangankan Yuli Rustinawati, Sekjen Arus Pelangi, dalam sebuah acara yang digelar kaum Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, Intersex, Queer (LGBTIQ) pada hari Sabtu, 11 Juni 2001 di Jakarta.

Mudah-mudahan kedepannya masyarakat bisa hidup bedampingan dengan menghormati pilihan orientasi seks mereka, tidak bersikap diskriminasi gender, tak melakukan kekerasan, dan tidak lagi mamandang jijik LGBTIQ sebagai pendosa, penular penyakit, dan tidak normal“.

Memang memberi pemahaman masyarakat agar perbedaan bukan dianggap sebagai sesuatu yang aneh adalah tugas penting kemanusiaan. “Aku manusia, maka manusia tidak ada yang aneh bagiku“, itulah terjemahan kalimat bijak bahasa Latin sub-judul di atas. Kalimat itu mengandung ajakan untuk saling memahami. Ketidakpahaman akan membuahkan kecurigaan, yang kelak menghasilkan permusuhan atau penindasan terhadap kaum minoritas.

Pertanyaannya adalah seberapa lapang toleransi mereka terhadap perbedaan pendapat? Seberapa dalam penghormatan kemanusiaan benar-benar diminati penganut ketuhanan? Dan seberapa lama sumbu kesabaran terjaga sampai terjadi ledakan sebagaimana yang menimpa kaum Ahmadiyah? Caranya adalah tak henti mempromosikan nilai-nilai kemanusiaan, dialog terus-menerus, dan memperkecil potensi konflik. Dan bagi pesohor ataupun pemimpin publik, hal ini menjadi penting karena setiap pernyataan yang terlontar akan bernilai lebih dan memiliki daya gerak. Yuli Rustinawati menambahkan “Ketika gosip itu menimpa orang nomor satu, bisa saja kelompok homoseksual menjadi terancam“. Kekhawatirannya cukup beralasan mengingat kalimat curhat SBY menyiratkan seks sesama jenis yang dituduhkan kepadanya ‘Mengandung fitnah yang sangat keterlaluan’. Saya tak tertarik apakah itu fitnah atau fakta, tapi hanya memprihatini istilah ‘Sangat keterlaluan’ yang dipilih SBY bagi seks sesama jenis. Sebab frasa tersebut amat mudah dimaknai sebagai sikap berlebihan dan tak normal. Kemudian kaum suci semakin memiliki legitimasi tak langsung untuk meminggirkan kaum yang Anda katakan ‘Sangat keterlaluan’ itu.

Rasanya presiden juga masih perlu belajar lagi untuk melihat perbedaan-perbedaan. Kemudian merenungi, apakah benar keragaman orientasi seksual dan perilakunya sebagai tindak yang ‘Sangat keterlaluan’. Atau jangan-jangan Anda hanya ingin lebay saja seperti biasanya, dan saya menanggapi dengan serius?

This entry was posted in Politik. Bookmark the permalink.

140 Responses to Pak Beye, homo seperti apa yang Anda mau?

  1. martoart says:

    Untuk sementara dibagi buat kontak, sampai nanti diterbitkan oleh koran yg memesan tulisan saya ini.Gambar saya olah parodi dari internet.

  2. martoart said: Atau jangan-jangan Anda hanya ingin lebay saja seperti biasanya, dan saya menanggapi dengan serius?

    oh, iki kesimpulane paling masuk akal. hahaha… aku tak milih jadi homo yogyakartaensis wae😛

  3. bimosaurus says:

    kayaknya sih, semua pemimpin negara itu selalu di dalam ancaman. Bahkan Abraham Lincoln, JF Kennedy juga sampai mati karena suatu usaha pembunuhan.. Semua presiden Amerika juga kena rumor skandal.. Tapi di dunia presiden, hanya ada satu yang rewel.. ya itu.. kasihan deh rakyatnya yang harus mengayomi presiden

  4. ohtrie says:

    martoart said: Rasanya presiden juga masih perlu belajar lagi untuk melihat perbedaan-perbedaan. Kemudian merenungi, apakah benar keragaman orientasi seksual dan perilakunya sebagai tindak yang ‘Sangat keterlaluan’. Atau jangan-jangan Anda hanya ingin lebay saja seperti biasanya, dan saya menanggapi dengan serius?

    ehmmm, sesuai judul…. Bicara prengesinden esbeye… Kata-kata ampuh SBY adalah “keterlaluan” dan “prihatin”Mengandalkan dua kata itu biar dibilang “reaktif”keterlaluan, ketika menyikapi WikiLeaksketerlaluan, saat baru saja menyikapi sms dari Singapuraprihatin, tatkala, ngeliat bencana (Mentawai, Wasior, Merapi)prihatin, sewaktu melihat pembantaian manusia di Pandeglang atas nama agama.Tapi tak pernah terdengar kata ‘prihatin’ pun ‘keterlaluan ketika lagu SBY masuk kedalap point ujian masuk PNS…

  5. penuhcinta says:

    Minta bocoran videonya ya cak.

  6. agamfat says:

    Untuk koran, korannya sangat berani…..

  7. afemaleguest says:

    waahhh ….love reading your writing again Kang*abisnya pelit posting sih😛

  8. anotherorion says:

    jeleh ngrungokne SBY

  9. itsmearni says:

    aish cape dehkenapa sih SBY suka lebayapa karena lebay itu emang lagi ngetrend yah…..

  10. rirhikyu says:

    Lebay kan lg ngetrend, kl ga lebay bukan beye.Getu aja koq repot

  11. zaffara says:

    kl mau bicara soal pencitraan, Soekarno dan SBY sama aja mnrtku, hanya saja gaya Soekarno terkesan lebih “laki-laki” dan di masa itu pemberitaan ttg kehidupan pribadi petinggi2 dan seleb tanah air tidak segencar skrg. Yg sampai kpd rakyat yg baru keluar dr perasaan dicengkram penjajah asing hanya heroisme sang pemimpin saja. Kalaupun ada yang mengetahui sepak terjang sang presiden dlm soal wanita,mana ada media waktu itu memberitakan dg gaya pengungkapan merendahkan spt skrg ini tak peduli dia artis ataupun presiden.Mungkin SBY lebay, tapi istrinya jauh lebih beruntung dr istri Soekarno hehe

  12. ichamary says:

    lagi demen curhat xixixixi, sebagai rakyat yang baik yuuk mari kita dengarkan saja curhatnya. masuk telinga kanan bablar blasss hahahaha

  13. rengganiez says:

    kenapa skandal nasi goreng gak dibongkar yah?? :-pKononn nasi goreng buatan “Bu Ani” itu mampu meluluhkan presieng kita…

  14. bimosaurus says:

    “Jadi presiden LBY sekarang telah berganti nama”

  15. rawins says:

    esbeye wae kok di urusisungguh terlalu…

  16. Tak pikir homo opo ngono….hehehehehe..Wis suwe ora nonton tipi..males ngrungokke curcole….hihihihi

  17. t4mp4h says:

    homo lebaysia lojonensis *mahluk cerdas yang suka masturbasi kelebayan di Indonesia

  18. Man, that president of yours is too paranoid. Remember this one?

  19. renypayus says:

    Biasa, curhat -_-“lebay

  20. okeboo says:

    Hahaha pak beye suka sensi. Kita jg ga ada yg percaya kok kalo sampeyan doyan cowo. Daniel sparingga pulak :p

  21. sepunten says:

    isyu dari sby yg paling nggregetno, kaburnya ya nazarudinsetelah dilaporkan November oleh Mahfud MD, sby masih gak punya nyali…malu dong sama janji pemberantasan korupsimu…

  22. Whedew, udah buka dari tadi tapi baru sempet baca (dan comment) sekarang.Tulisan yang sangat keren!Menunjukkan dimana level kecerdasanmu, Cak.

  23. wayanlessy says:

    Kalimat tanya yg menutup tulisan dengan sungguh manis dan sangat ramah mengundang siapapun untuk menikmati tulisanmu, Cak :)IMHO, lebay-nya presiden ini kadang perlu juga dipikirin dengan serius apalagi kalau dia lupa bahwa pernyataannya itu bisa menimbulkan tafsiran yg berdampak serius bagi stabilitas rakyatnya yg sama sekali nggak homogen. Jadi dalam memilah-milah kelebay-an kepala negara, kita juga musti serius. Bisa jadi pola orientasi kelebay-an itu bisa terpetakan dengan mudah dan jadi kunci untuk membaca sesuatu…..

  24. martoart says:

    edwinlives4ever said: this one?

    Kirim Gagak ke penjara. Penghinaan kepala negara.*anggap aja pasal itu masih berlaku. hahaha

  25. martoart says:

    denbagusediduk said: aku tak milih jadi homo yogyakartaensis

    Sebagai orang Ngawi di mana Trinil terletak, aku lebih bangga menjadi Pitecanterophus Erectus

  26. martoart says:

    ohtrie said: Kata-kata ampuh SBY adalah “keterlaluan”

    Duluan mana dengan Oma Irama?

  27. martoart says:

    penuhcinta said: Minta bocoran videonya ya cak.

    In This FallBareng ama Twilight, Breaking Dawn, ga perlu bocoran. Tonton ma keluarga tersayang

  28. martoart says:

    agamfat said: Untuk koran, korannya sangat berani…..

    Tabloid tepatnya. Aktivis yg nerbitin. tigarebu exp doang buat Jkt.

  29. bimosaurus says:

    martoart said: Tabloid tepatnya. Aktivis yg nerbitin. tigarebu exp doang buat Jkt.

    di koran juga dishare to contact hahahaha

  30. martoart says:

    afemaleguest said: abisnya pelit posting sih

    mo menimbang2 jadi Onlen seller sih hahaha

  31. martoart says:

    anotherorion said: jeleh ngrungokne SBY

    mulo diganti Beye

  32. bimosaurus says:

    martoart said: Pitecanterophus Erectus

    Bukan Homo Erected cak??

  33. martoart says:

    itsmearni said: kenapa sih SBY suka lebay

    suka bikin album lagu juga loh..Most Talented President sist..

  34. martoart said: Penghinaan kepala negara.

    Hey, that’s the picture of SBY, not Asurizal Barbie!

  35. saya ikut prihatin klo mmng ternyata pak beye homo…sangat keterlaluan klo dia sampe pindah haluan, apa nasi goreng istrinya sdh td enak lg?

  36. martoart says:

    edwinlives4ever said: Asurizal Barbie!

    alhamdulillah, kirain Asurizal Fuckrie

  37. martoart says:

    rirhikyu said: Lebay kan lg ngetrend

    Kalo saja doi punya twiter

  38. renypayus says:

    mychocolatebox said: saya ikut prihatin klo mmng ternyata pak beye homo…sangat keterlaluan klo dia sampe pindah haluan, apa nasi goreng istrinya sdh td enak lg?

    Emang kalau dia berubah haluan kenapa? Ya gapapa toh.. ga ada Wanita Idaman Lain ini =))

  39. renypayus said: Emang kalau dia berubah haluan kenapa? Ya gapapa toh.. ga ada Wanita Idaman Lain ini =))

    ya gpp, mba…kan cuman urun cangkem thok ngikutin tagline nya SBY; prihatin dan sangat keterlaluan…hahahaha :p

  40. martoart says:

    zaffara said: Mungkin SBY lebay, tapi istrinya jauh lebih beruntung dr istri Soekarno hehe

    Setuju bangetz. tapi sayang lagi gak bicara soal pergamian he he..

  41. martoart says:

    rengganiez said: kenapa skandal nasi goreng gak dibongkar yah?

    itu tugas KBR68H. Konon mo berubah jadi KGR?he he he..

  42. martoart says:

    bimosaurus said: “Jadi presiden LBY sekarang telah berganti nama”

    Kirim Bimo ke penjara di samping Gagak. Pasal yg dipake njerat; mengubah nama tanpa nasi kuning

  43. martoart says:

    rawins said: esbeye wae kok di urusisungguh terlalu…

    statemen gabungan Gus Dur ma Bang Haji

  44. martoart says:

    bambangpriantono said: Tak pikir homo opo ngono….hehehehehe..

    Itulah gunanya Judul. He he..

  45. martoart says:

    t4mp4h said: lojonensis

    Yononensis?

  46. martoart says:

    okeboo said: Kita jg ga ada yg percaya kok kalo sampeyan doyan cowo

    Sampai terbit Komik Kriuknya…

  47. martoart says:

    sepunten said: sby masih gak punya nyali…malu dong sama janji pemberantasan korupsimu..

    Tulisan edisi berikutnya tentang ini sudah siap tayan,, tapi untuk media lain lagi. dan kalo itu nunggu setelah terbit.

  48. martoart says:

    revinaoctavianitadr said: Tulisan yang sangat keren!Menunjukkan dimana level kecerdasanmu, Cak.

    Segala puji hanya bagi Allah…*Kesambet ruh alim ulama

  49. martoart says:

    wayanlessy said: Kalimat tanya yg menutup tulisan dengan sungguh manis dan sangat ramah mengundang siapapun untuk menikmati tulisanmu,

    Baru sadar, ternyata pada baca kalimat terakhir dulu, baru tertarik baca dari awal. he he..

  50. martoart says:

    wayanlessy said: Jadi dalam memilah-milah kelebay-an kepala negara, kita juga musti serius

    asyiiik dibelain Lessy

  51. martoart says:

    mychocolatebox said: saya ikut prihatin klo mmng ternyata pak beye homo…

    Homo ga masalah, yg penting tetep Pancasilais

  52. orangjava says:

    Dia sih HOMO HOMINIS LUPUS……payah…

  53. fendikristin says:

    seperti biasa…untuk pengalihan isu yang ada..dimunculkanlah ke-lebay-an beliau… *susah juga punya presiden yang bakat jadi pemain sinetron, jadi suka kebawa-bawa suasana*

  54. papahende says:

    Tulisan yang Marto banget, sangat mencerahkan. Saya mengutip bagian ini: “organisasi yang sedang dipimpin Pak Beye ini adalah sebuah negara”. Istimewanya Presiden RI adalah selain dia kepala eksekutif, dia juga kepala negara. Ini yang jarang diimplementasikan oleh sby, dan menjadi terasa lucu kalau suatu saat dia bilang bahwa masalah hukum bukan urusannya. Gimana sih “kepala negara” ini? Apa dia juga lupa bahwa presiden atasannya Kapolri dan Kejaksaan?

  55. martoart says:

    orangjava said: Dia sih HOMO HOMINIS LUPUS……payah…

    Kirim Pak Dhe ke Auschwitz

  56. martoart says:

    fendikristin said: susah juga punya presiden yang bakat jadi pemain sinetron

    Harus berguru akting kepada Sinetronis Poltak Si Raja Minyak

  57. afemaleguest says:

    martoart said: *Kesambet ruh alim ulama

    asli ngakak guling-guling aku!

  58. martoart says:

    papahende said: Apa dia juga lupa bahwa presiden atasannya Kapolri dan Kejaksaan?

    Payahnya, dia lebih tertarik menanggapi kasus sebagai ‘atasannya’ Daniel Sparingga

  59. afemaleguest says:

    martoart said: mo menimbang2 jadi Onlen seller sih hahaha

    meh dodolan komik Kang?:-D

  60. martoart says:

    afemaleguest said: meh dodolan komik Kang?:-D

    masalahnya mo jual diri gak laku

  61. afemaleguest says:

    martoart said: masalahnya mo jual diri gak laku

    wis tau njajal ya Kang?ning ndi?:-P

  62. debapirez says:

    saya menganggapnya agak lebay. hal2 kayak gt kok dibahas oleh manusia skala presiden. ter..la..lu…

  63. martoart says:

    debapirez said: saya menganggapnya agak lebay. hal2 kayak gt kok dibahas oleh manusia skala presiden. ter..la..lu…

    Coba usulin ke bosmu agar dipansuskan Ded..

  64. martoart says:

    renypayus said: ga ada Wanita Idaman Lain ini

    Coba ngedaftar Ren; Kan ga ada Ani, Reny-pun jadi.

  65. martoart says:

    afemaleguest said: wis tau njajal ya Kang?

    Wis, Ditolak ma Nikita Willy

  66. orangjava says:

    martoart said: Kirim Pak Dhe ke Auschwitz

    Dah pernah kesana………..gak betah……………..hehehehe

  67. wayanlessy says:

    orangjava said: Dah pernah kesana………..gak betah……………..hehehehe

    hahahahaha….

  68. afemaleguest says:

    martoart said: Wis, Ditolak ma Nikita Willy

    buktine ndi Kang?*tanpa bukti, hoax*

  69. indonesia …indonesia…ono ono wae..

  70. finding3mo says:

    pak beye pernah dapet sms dari simbok minta pulsa belom ya? bakal curhat apakah beliau?

  71. Memang, gak seharusnya SBY menanggapinya secara langsung, apalagi pake pidato resmi kenegaraan pula. Karena sbg presiden, SBY khan punya assisten, baik di pemerintahan maupun di partai. Dan bisa juga, SBY cukup minta BIN yg follow-up. Menyikapi hal yang gak jelas dengan rasa panik, saya rasa tidak seharusnya dilakukan sebagai orang yang mempunyai kapasitas sbg kepala negara…..Mengenai paparan mulai dari paragraf “Homo sum, humani nihil a me alienum puto” ke bawah, saya lebih tertarik kepada kelompok kedua dalam menyikapi LBTQ (tanpa “I”, karena “I” bukan penyimpangan); dan menyikapinya bukan dengan jalan kekerasan tentunya, hanya memberikan edukasi yangg positif agar mereka bisa kembali ke fitrah-Nya.Tapi, it’s okey, perbedaan pendapat harus tetap dijaga dalam semangat dialektika keberagaman🙂

  72. jatiagung says:

    martoart said: Untuk sementara dibagi buat kontak,

    sementara buat konak

  73. afemaleguest says:

    lhoLBTGQ penyimpangan to Kang?

  74. wikan says:

    pilih homo atau hetero?

  75. remangsenja says:

    SBY suruh belajar perbedaaan?? ibarat landak suruh hidup di laut. Gak bisa cyyn…

  76. martoart says:

    remangsenja said: ibarat landak suruh hidup di laut. Gak bisa cyyn…

    Ah, belum pernah dengar Bulu Landak Laut? he he..

  77. martoart says:

    fightforfreedom said: agar mereka bisa kembali ke fitrah-Nya

    Persoalannya, fitrah untuk bereproduksi apa untuk bercinta?

  78. martoart says:

    wikan said: pilih homo atau hetero?

    Hetero seksual apa hetero sapiensis?

  79. martoart says:

    Lengkap Jeng. Ada Warok Nggemblak, ada Bissu, ada Lesmana, ada Srikandi, apapun orientasi seksual dan spiritualnya, minumnya tetep….?

  80. martoart says:

    Kirim Agung ke Pulau ONROP!

  81. Yang aneh itu SBY, bukan LGBTIQ!Gimana gak aneh?Spanduk rakyat segede gaban di depan istana negara, rumahnya yang penuh kemewahan itu- gak pernah sudi dia baca! Padahal rakyat datang membawa suara hati nya terdalam. Boro-boro ditanggepin. Malah diusir sana-sini, ditangkep-tangkepin, dipenjara-penjarain.Ehhhhh, giliran SMS segede upil, Beye bikin conv pers, minta dikasihani. Malah dengan cara yang sangat tidak cerdas, menyinggung bagian masyarakat Indonesia lain yaitu LGBTIQ. Cape deh!Masih inget pembantaian Ahmadiyah yang terjadi di tanah air? Bukannya malah melindungi warga negaranya sendiri, Beye malah acuh tak acuh, cuma sanggup bilang prihatin aja, gak menindaklanjuti pelaku pembantaian!Ehhhhh, di saat yang sama, dia bisa2nya malah bikin konfrensi pers menanggapi seorang pendeta di US yang mau bakar Quran, padahal pengikutnya tuh pendeta sesat cuma 50 orang, lagi pula itu adanya di negeri antah berantah sana.Wake up!! Di negara lu sendiri aja lu belum bisa membela dan menjalankan amanah lu, kenapa repot2 cari muka ngurusin urusan negara antah berantah?Berapa TKI kita dibunuh dan disiksa dengan cara yang mengenaskan di negara orang, apa dia berani kasih satu tindakan, ultimatum, sangsi atau apa lah itu kepada negara2 terkait demi perlindungan TKI kita? Wong masyarakat aja ampe sempet urunan buat mulangin TKI2 kita.Giliran dia dapet kabar kalau ada orang yang berencana mau bunuh dia, langsung bikin conv pers bersama dengan bodyguard2 yang mengelilinginya, nunjukin foto mukanya yang bolong kena sasaran tembak. Adooooooooooooohhhhh… Cecerepett dan bener2…Banyak orang bilang yang salah bukan Beye, tapi para juru bisiknya. Tapi please dong, ini kan logika sederhana yang gak mungkin seorang sebesar beliau gak bisa paham. Rakyat sebodoh saya saja bisa melihat cukup jelas, gak usah pake juru bisik segala!*ngatur nafas, (hiruup, buang, hirup, buang..)

  82. martoart says:

    christinapanjaitan said: Yang aneh itu SBY

    Nona, kalo baca komen2 MPers yg ga suka SBY di atas, mereka udah layak dikirim ke penjara, ke Auswich, ke Pulau ONROP, entah ke mana lagi. Sampeyan aku kirim ke HoR aja gimana?

  83. martoart says:

    christinapanjaitan said: giliran SMS segede upil, Beye bikin conv pers, minta dikasihani.

    Upilnya segedhe gaban.

  84. martoart says:

    christinapanjaitan said: Spanduk rakyat segede gaban di depan istana negara, rumahnya yang penuh kemewahan itu- gak pernah sudi dia baca! Padahal rakyat datang membawa suara hati nya terdalam. Boro-boro ditanggepin

    Sounds like blogger yg dicuekin Mulpid ya? he he he

  85. martoart says:

    christinapanjaitan said: ngatur nafas, (hiruup, buang, hirup, buang..)

    Ngasih bantuan nafas buatan…

  86. fairdkun says:

    ‘keterlaluan’-nya karena itu daniel sparingga tau… kata sby dlm ati, “yang bener vj daniel lagi! trisom sama agnes monica, eh atau itu syaharini ya?… huhuhu… asyiknya malam itu”

  87. martoart says:

    fairdkun said: ‘keterlaluan’-nya karena itu daniel sparingga

    kang gosip tendang ke amrik aja!

  88. martoart said: Nona, kalo baca komen2 MPers yg ga suka SBY di atas, mereka udah layak dikirim ke penjara, ke Auswich, ke Pulau ONROP, entah ke mana lagi. Sampeyan aku kirim ke HoR aja gimana?

    Boleh kirim ke Pulau Onrop aja gak mas? dengan senang hati diasingkan ke sana =P

  89. martoart said: Upilnya segedhe gaban.

    gabannya segede upil..

  90. martoart said: Sounds like blogger yg dicuekin Mulpid ya? he he he

    Ups! Gak ikutan ah xD

  91. widaperret says:

    Beye ga pake anti slip :-ptulisannya Top

  92. jatiagung says:

    martoart said: Kirim Agung ke Pulau ONROP!

    Ketemu sari dan penjahat moral yang biasanya tuh seksong bakal betah.

  93. nunuzmulkan says:

    martoart said: “Ketika gosip itu menimpa orang nomor satu, bisa saja kelompok homoseksual menjadi terancam”. Kekhawatirannya cukup beralasan mengingat kalimat curhat SBY menyiratkan seks sesama jenis yang dituduhkan kepadanya ‘Mengandung fitnah yang sangat keterlaluan’. Saya tak tertarik apakah itu fitnah atau fakta, tapi hanya memprihatini istilah ‘Sangat keterlaluan’ yang dipilih SBY bagi seks sesama jenis. Sebab frasa tersebut amat mudah dimaknai sebagai sikap berlebihan dan tak normal.

    kesimpulan dr tulisan ini:1. Homoseksual itu sebuah kewajaran dan perilaku normal.2. Tingkat emosional SBY rendah.3. Pernyataan SBY bisa mengundang reaksi dr kaum religius (?)4. SBY lebayDr keempat kesimpulan itu, hanya poin 2 dan 4 yg sy setuju tnp hrs dipertanyakan…hehehehe… Namun, ada satu kesimpulan yg sy blm temukan: seandainya isu itu tdk benar, apa tdk wajar jika seseorang membantah? ini tnp melihat apakah org itu seorg presiden atau pun rakyat kebanyakan…

  94. martoart says:

    nunuzmulkan said: Namun, ada satu kesimpulan yg sy blm temukan: seandainya isu itu tdk benar, apa tdk wajar jika seseorang membantah? ini tnp melihat apakah org itu seorg presiden atau pun rakyat kebanyakan…

    Aku kok membayangkan justru ini bagian poin 4 itu, meski dengan catatan jabatan publik seseorang yg melekat. Membela diri wajar dan hak, namun merebut wilayah konsentrasi jabatan publik seseorang, hmm… rasanya akan bisa sedikit riskan mengingat kekuasaannya sebaiknya lebih dimandatkan untuk yg penting.

  95. nunuzmulkan says:

    martoart said: Aku kok membayangkan justru ini bagian poin 4 itu, meski dengan catatan jabatan publik seseorang yg melekat. Membela diri wajar dan hak, namun merebut wilayah konsentrasi jabatan publik seseorang

    ok…mksd ane bkn dlm konteks sby…krn soal itu gak perlu diperdebatkan lg…mknya ane kasih catatan 2 & 4 udh clear…mksdnya, jika bcr konteks seseorg yg tdk mrasa bagian dr sebuah komunitas, tp dituduh–setdknya diklaim–sbg bagian dr komunitas itu…apalagi dlm konteks tudingan yg bagi kebanyakan org dianggap hal yg melenceng…

  96. martoart says:

    nunuzmulkan said: apalagi dlm konteks tudingan yg bagi kebanyakan org dianggap hal yg melenceng…

    Lah, cuekin aja. kalo kebanyakan org anggap hal itu melenceng…Biarin aja mereka menggendong sendiri kebodohannya.tapi ya jangan diem kalo tuduhan itu membuat kita terancam digerudug-misa-l FPI, karena homo haram dan wajib dibunuh.

  97. nunuzmulkan says:

    martoart said: Biarin aja mereka menggendong sendiri kebodohannya.

    org bkn bagian dr klmpk trtentu tp dituduh, trus menyangkal..itu kynya bkn kebodohan deh…bandingannya gini deh: ane bkn org kaya tp dituduh org kaya…ya jelas nyangkal dong…ntar gw ditagih pajak yg shrsnya gak gw bayar lg…hehehehe…

  98. martoart says:

    nunuzmulkan said: org bkn bagian dr klmpk trtentu tp dituduh, trus menyangkal..itu kynya bkn kebodohan deh…bandingannya gini deh: ane bkn org kaya tp dituduh org kaya…ya jelas nyangkal dong…ntar gw ditagih pajak yg shrsnya gak gw bayar lg…hehehehe…

    Bukan yg dituduh bro,, tapi yg menuduh karena ‘dianggap hal yg melenceng…’

  99. nunuzmulkan says:

    martoart said: Bukan yg dituduh bro,, tapi yg menuduh karena ‘dianggap hal yg melenceng…’

    ah,,,itu kan cuma mslh persepsi…bagi org kebanyakan ganja itu narkoba…bagi penikmatnya tentu sj bkn…🙂

  100. karonkeren says:

    christinapanjaitan said: (hiruup, buang, hirup, buang..)

    aduh kok jadi bau kentut yah … OOT mode on … hihihihi*kabooorrr

  101. karonkeren says:

    ah dia mah spesies baru lageee … homo lebay erecticus … wkwkwk

  102. martoart says:

    ada temanku bukan pengganja. tapi dia mendukung itu legal

  103. nunuzmulkan says:

    martoart said: ada temanku bukan pengganja. tapi dia mendukung itu legal

    ya jelaslah…la wong tmn sampeyan itu bandar ganja kok…hahahaha…

  104. padahal kan sebenernya asik punya presiden yang seorang petualang!!..

  105. sehabis baca tulisan ini, yang terbayang dikepala saya adalah kata-kata “SANGAT TIDAK SETUJU”pertama, saya sangat tidak setuju kalo dibilang perilaku hubungan sesama jenis itu normal. kacamata yang saya pakai dalam melihatnya adalah kacamata agama….atau mereka [para pelaku hubungan sesama jenis] adalah kaum oleh Tuhan saya, disebut sebagai “orang yang melampaui batas”. Kalo sudah firman tuhan, saya ga mau berdebat…ya begitulah adanya, dan begitulah saya menerimanya…*permaslahan selanjutnya apakah saya jd anarkis terhadap pelaku hubungan sesama jenis, itu lain hal..karena saya ga pernah bikin rusuh, paling cuma benci dalam hati saja..[atau dalam bahasa-Nya, selemah2nya iman..;( ]terosss…saya juga SANGAT TIDAK SETUJU kalo SBY terus menerus memakai singgasana kepresidenan dipakai sebagai ajang curhat, dan mengeluh, soal gaji ga naek, soal sms nyasarudin, soal sms skandal esek2…padahal dulu saya adalah salah seorang dari banyak orang yang memandatkan dia sbg presiden..jadi..berasa diselingkuhi,berasa dikhianati,gimana donk:(*kok curcol…

  106. ohtrie says:

    ayudiahrespatih said: apakah saya jd anarkis terhadap pelaku hubungan sesama jenis

    bolehkah dijelaskan makna dari anarkis menurut pemahaman mBak terlebih dulu…?

  107. ohtrie said: bolehkah dijelaskan makna dari anarkis menurut pemahaman mBak terlebih dulu…?

    sejenis FPI lah mas pelet…:P

  108. karonkeren says:

    ayudiahrespatih said: sejenis FPI lah mas pelet…:P

    silakan mbak belajar dulu soal anarkis di halaman halaman blognya mbah marto ini … disitu dijelaskan banyak hal soal anarkis … atau kalo merasa kurang valid, silakan buka wikipedia edisi inggris tentang anarkisme … atau bisa juga merujuk kepada kamus besar bahasa indonesia tentang anarkisme itu sendiri apakalo bilang fpi … mereka bukan anarkis … mereka fasis dan vandalis

  109. ohtrie says:

    ayudiahrespatih said: sejenis FPI lah mas pelet…:P

    mBak mBak..tak nyaranin dikit (bisik bisik ) yakk…. (kalo mau sihh)jangan terlalu makan mentah-mentah pelajaran sejarah era OrBa yaa…!Anarchism sesungguhnya adalah sebuah ideologi, yang di beberapa sisi justru non-violence, anti-brutality, dan beberapa hal yang acap tak dipahami sementara orang.penggunaan kata yang salah. anarki adalah sebuah paham yang memiliki kebaikan aturan tersendiri. menjadi konotasi negative sejak distigma oleh orba. mungkin lebih baik pake aja kata vandal atau brutal.Anarchism adalah penentang utama fasisme dan monarki. Bung Karno amat menghormati ideologi ini, bahkan beliau sempat menulis khusus di sebuah harian nasional kala itu. Di masa Orba yang fasistik, Anarchism menjadi ancaman (karena termasuk di wilayah ideologi kiri), karenanya sering distigmasasi sebagai biang rusuh. Hingga warisan kesalahkaprahan itu kita temui dengan seringnya orang asal pakai istilah anarki dan anarkisme pada hal yang tak tepat bahkan salah.Bisa diskusi dirumah mBah Marto sini juga mBakk….http://martoart.multiply.com/journal/item/130?http://martoart.multiply.com/photos/album/20?

  110. ohtrie said: mBak mBak..tak nyaranin dikit (bisik bisik ) yakk…. (kalo mau sihh)jangan terlalu makan mentah-mentah pelajaran sejarah era OrBa yaa…!Anarchism sesungguhnya adalah sebuah ideologi, yang di beberapa sisi justru non-violence, anti-brutality, dan beberapa hal yang acap tak dipahami sementara orang.penggunaan kata yang salah. anarki adalah sebuah paham yang memiliki kebaikan aturan tersendiri. menjadi konotasi negative sejak distigma oleh orba. mungkin lebih baik pake aja kata vandal atau brutal.Anarchism adalah penentang utama fasisme dan monarki. Bung Karno amat menghormati ideologi ini, bahkan beliau sempat menulis khusus di sebuah harian nasional kala itu. Di masa Orba yang fasistik, Anarchism menjadi ancaman (karena termasuk di wilayah ideologi kiri), karenanya sering distigmasasi sebagai biang rusuh. Hingga warisan kesalahkaprahan itu kita temui dengan seringnya orang asal pakai istilah anarki dan anarkisme pada hal yang tak tepat bahkan salah.

    wooww..berini ketinggalan berita tak nampak di lapak mas marto berabad2 mas trie..hihi..tengkyu..siap mluncur…*ay berasa diganyang 2 cowok nih wekekek..

  111. ohtrie says:

    karonkeren said: kalo bilang fpi … mereka bukan anarkis … mereka fasis dan vandalis

    siap Kang Andre….moga itu bisa mewakili…Tinggal nunggu jawaban mBah Marto aja mengenai sangkalan “ketidak-setujuan” hubungan sesama jenis itu…Aku ya pingin tahu jee.. #melet

  112. karonkeren said: fasis dan vandalis

    okay mas e..di chek dulu…

  113. ohtrie says:

    ayudiahrespatih said: padahal dulu saya adalah salah seorang dari banyak orang yang memandatkan dia sbg presiden..

    hihii…jawaban atas argumentasi ketidaksetujuan kedua ternyata langsung terpaparkan… “Subyektifitas pribadi”yawis , gak papa sihhh, wong itu aspirasi sampean kokk, bagian dari demokrasi…

  114. ohtrie said: siap Kang Andre….moga itu bisa mewakili…Tinggal nunggu jawaban mBah Marto aja mengenai sangkalan “ketidak-setujuan” hubungan sesama jenis itu…Aku ya pingin tahu jee.. #melet

    aku kena pelet lg disini..T_T

  115. ohtrie said: sampean

    yoi..*sampean bhs sundanya kaki mas..T_T

  116. ohtrie says:

    ayudiahrespatih said: yoi..*sampean bhs sundanya kaki mas..T_T

    sama kok bahasa Jawa paling halusnya (Krama inggil) kaki juga “sampean”, satu tingkat dibawahnya (Krama alus) adalah “suku”, bahasa gaulnya (ngoko) ya “sikil”:)#melet lagi ahh….

  117. ohtrie said: sama kok bahasa Jawa paling halusnya (Krama inggil) kaki juga “sampean”, satu tingkat dibawahnya (Krama alus) adalah “suku”, bahasa gaulnya (ngoko) ya “sikil”:)#melet lagi ahh….

    *mangut2 bener2 ga bs bhs jawa sih mas..*kok seneng melet yah..eniwey mas marto kemana yah kok blm ada penampakannya,aku diundang kemari penghuninya malah tak adeu di tempat..*terakhir aku mampir disini waktu mas Marto ngebahas soal Timun mas, udah ga inget taun kapan..sore tadi, baru maen lagi ke lapaknya:Dketinggalan banyak cerita, ketinggalan banyak berita^^

  118. ohtrie said: Bisa diskusi dirumah mBah Marto sini juga mBakk….http://martoart.multiply.com/journal/item/130?http://martoart.multiply.com/photos/album/20?

    sudah di check..masih loading,jelas ga nyambung dgn yang ku maksud…:D

  119. martoart says:

    ayudiahrespatih said: saya sangat tidak setuju kalo dibilang perilaku hubungan sesama jenis itu normal. kacamata yang saya pakai dalam melihatnya adalah kacamata agama….

    oh, tentu saja

  120. nitafebri says:

    Jadii udah terbitkah..Koran yg mana nih, edar d jkt kaan..

  121. martoart says:

    Ha ha ha aku mendahului star, agak curang sebenarnya. Terbit lusa. Nanggung sih, karena mengganti gambar juga, sekalian aja di epriwan.

  122. tulisannya keren ya😀

  123. liesemargaretha said: tulisannya keren ya😀

    tumben mBah ini “terLaLu” iLmiah:Dhehehe

  124. martoart says:

    liesemargaretha said: tulisannya keren ya😀

    tengkiyu… kalo gambarnya?

  125. martoart says:

    irvanairlangga said: “terLaLu” iLmiah

    ha ha… lagi kena virus beye dan oma irama

  126. ravindata says:

    rujak cingur cedak omahmu sing ayu kui sek dodol to ?

  127. OOT om martooooo apakabaaaarrrr??

  128. martoart says:

    isik. si jambon kangen awakmu. nakokne terus

  129. martoart says:

    cinderellazty said: om martooooo apakabaaaarrrr??

    lagi kurang duit

  130. martoart said: lagi kurang duit

    Infectious, isn’t it?

  131. martoart says:

    ha ha.. baca sampeyan punya komen di sini amat menularkan rejeki bro! Tulisan ini dihonori 950 rebu. lumajaaang…*Sering2 komen sembari bebrbagi berkah bro. Trims!

  132. thebimz says:

    seperti biasa, saya hanya mampu membaca tanpa bisa berkomentar🙂

  133. ohtrie says:

    martoart said: Tulisan ini dihonori 950 rebu. lumajaaang…

    asyikk…bakal kebagiannn…..kapan longgar n oleh dolann…? Rabu pa kamis ik..?

  134. martoart says:

    ohtrie said: asyikk…bakal kebagiannn…..kapan longgar n oleh dolann…? Rabu pa kamis ik..?

    sik, orang baru celeng2 laptop rusak je,,,Rabu ane ke cilengsi Trex, bantuin pindahan adikku putaran ke dua.

  135. karonkeren says:

    martoart said: sik, orang baru celeng2 laptop rusak je,,,Rabu ane ke cilengsi Trex, bantuin pindahan adikku putaran ke dua.

    oh … kirain elu to yang pindahan … gue tadi pas nelpon elu langsung mikir gituh … sial deh, jadi tambah jauh aja nih kalo nyari paranormal … wkwkwk

  136. seblat says:

    moco versi cetak malah blabur.. enak moco nangkene :P”bul rung moco”

  137. chanina says:

    lihat ilustrasinya malah jadi ingat orang-orang yang belum bisa menerima kenyataan kalo nenek moyangnya monyet

  138. martoart says:

    chanina said: monyet

    sejenis monyet

  139. nearer says:

    sayang sekali tulisan ini hanya untuk homo, aku seorang biseks…perempuan suka….duit apalagi…he…he

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s