[Random Snippets-AIR] KUTUKAN NUSANTARA

Tidak, saya tidak sedang berceritera tentang legenda masa lampau ataupun berkisah horor nan sinetronik. Judul itu memang agak menjebak, tapi saya hanya tak menemu kata lain yang lebih tepat untuk konteks ini.

Tulisan ini sekadar untuk berbagi kisah kutukan yang saya tandang sebagai manusia Nusantara, negeri kepulauan terbesar di dunia. Yang panjang garis pantainya menempati urutan ke dua di dunia setelah Kanada. Nusantara adalah negeri yang memiliki tradisi kemaritiman bercahaya, di mana Sang Moyang menaklukan negeri – negeri tetangga bahkan penaklukan yang berbilang lintas benua dengan perahunya. Saya juga lahir-besar di sebuah kota yang diapit dua sungai besar di Jawa, dan itu langka. Sungguh tak tahu harus menyalahkan siapa, padahal kedua orang tua saya perenang ulung, dan itu menurun ke semua anaknya kecuali saya. Em,.. ya, saya tidak bisa berenang. Kok kebetulan dari sembilan bersaudara, saya satu-satunya yang berzodiak Aquarius. Seolah bintang berlambang Sang Penuang Air itu ditaruh untuk meledek saya. Memang tak bisa berenang adalah hal biasa, tapi tak bisa berenang di negeri bahari tentu menyedihkan untuk tak mengatakan sebagai sebuah cela.


Entah bagaimana mulanya, saya merasa kaki dan tangan ini susah berkoordinasi, juga tubuh yang cenderung turba alias turun ke bawah seiring susahnya menentukan saat tepat mengambil hawa. Trauma pernah tenggelam? Saya memang pernah diselamatkan teman ketika hampir tenggelam di kolam renang, tapi saya tak mengalami trauma. Bahkan sebulan kemudian saya sukses menyelamatkan orang yang hampir tenggelam di lokasi yang sama, meski tak lama kemudian gantian ditolong orang lain setelah mereka sadar bahwa saya sang penolong juga tak bisa berenang.


Saya sebenarnya curiga bahwa ketakmampuan renang tersebut adalah gara-gara ibu yang berlebihan menyayangi saya. Saya dilarang pergi ke kali dengan ditakuti bahwa di sana ada Onggo-inggi, legenda danyang alias penguasa kali, hantu yang mengundang anak bermain ke tengah agar bisa dijerat dengan rambut panjangnya. Lalu si terjerat menjadi pengikutnya dan tak bisa kembali. Sebagai anak kecil yang amat patuh, saya lantas mengembangkan sosok danyang itu dengan lebih imajinatif. Dan semakin patuh ketika dua teman sepermainan saya, yang juga tetangga samping rumah mati tenggelam di sungai milik Onggo-inggi. Tapi adik saya tak patuh dan nekat bermain di sungai, karenanya dia kemudian bisa renang. Kepatuhan yang merugikan itulah yang kelak mejadikan saya manusia yang malas tunduk pada peraturan.


Kutukan Nusantara sungguh semakin terasa tatkala ternyata saya menyukai pemandangan laut, senang mengarungi ganas ombaknya, dan berbangga mendengar kekayaan hayatinya. Tapi kawan, kalau kalian pernah mengalami cinta platonik, seperti itulah yang saya rasakan. Begitu terpana kepada indahnya lautan, tapi saya tak mampu mencumbuinya, merenanginya. Sampai hari itu tiba, hari saat saya bersnorkling senang di atas indahnya gugusan karang, melayang riang di Kepulauan Seribu dan kemudian Kepulauan Karimunjawa di lain kesempatan. Dari pagi sampai siang, di lautan saya berenang. Satu dari kutukan Nusantara lumayan bisa saya taklukkan. Life Vest Beautiful eh,.. Life is Beautiful!

Foto katro ini rela saya bagi ke semua teman demi ikut lomba di SINI (Klik)

——————————–

Pun tulisan ini bentuk sumbangsih saya sebagai blogger dalam turut merayakan

Blog Action Day yang kebetulan pada 15 Oktober 2010 bertema AIR.

Save t
he Water!

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

60 Responses to [Random Snippets-AIR] KUTUKAN NUSANTARA

  1. martoart says:

    Lomba Pertamax yg aku ikuti!Foto Perahu Moyang di Relief Borobudur diambil dari Google.Foto Katro Art yg ngambil teman, dlm rangka mendata biota laut di Kepualauan Karimunjawa.Happy Blog Action Day/2010-WATER & Selamat berlomba bertema AIR

  2. anazkia says:

    Waaa… Si Mbah ikutan lomba di MP *hebat!!*

  3. beuh pertamax-e dipek dhewe!

  4. anazkia says:

    martoart said: di Kepualauan Karimunjawa.

    Wah, si Mbah dah ke sana😦 *opengen ke sana juga*Bacanya nanti, Mbah. Magrib, mo shalat dulu🙂 *doain semoga Mbah Marto menang, tapi doanya lebih banyak ke Anaz biar Anaz yang menang… heheheh.. Padahal belum nulis😀

  5. nitafebri says:

    Asiiik akhirnya Cak Marto Ikutan lomba Juga..di CATAT sebagai partisipasi Pertama dalam perjalan empeh Cak Marto :PCemangaat.. Cemangaat…Ikutan juga aah.. :DKLIMAXXX

  6. nitafebri says:

    Ngicer dicapac yaa Cak.. ^_~secara itu bisa buat kamera cak marto juga😀

  7. martoart says:

    nitafebri said: Ngicer dicapac yaa Cak.. ^_~secara itu bisa buat kamera cak marto juga😀

    Yoi.. kalo dapet, tuh alat bisa mbantu mendata karang dan biota laut makin akurat. Cemoga dafet.

  8. anazkia says:

    Pengen ke pulauan seribu snorkling di sana, tapi lihat sipadan di TV emang cakep😦 eh, tapi Pulau Bintan cakep juga ndink *maruk* hehehe…Owh, berarti Mbah Marto bisa berenangnya kayak Romi Rafael yah? Gaya batu?😀 sama, Mbah :)Semoga menang, nanti kalau menang Anaz minjem dicapacnya

  9. damuhbening says:

    martoart said: Ya, em,.. saya tidak bisa berenang. Tak bisa berenang adalah hal biasa, tapi tak bisa berenang di negeri bahari tentu menyedihkan untuk tak mengatakan sebagai sebuah cela.

    Dalam hal ini ada kesamaan denganku sampeyan Cak, aku tidak bisa berenang….dan…dan…snorkeling memunahkan semua itu, bahkan sekarang mulai merambah diving…..kerennnnnnnnnnnnnnnhayah??? masih pake pelampung??? hiks….aku memilih lepaskan semua pengaman itu, biarkan tubuh ini larut dalam air laut….matipun tak apa…

  10. damuhbening says:

    seindah lautan manapun, di perairan bali semua keindahan laut dan penghuninya paling lengkap…

  11. savikovic says:

    cepet2 belajar berenang masbanjir dmana2bencana juga:D

  12. rirhikyu says:

    Tumben ikutan lombaaaaa

  13. agamfat says:

    Sbg pengikut Foke, maka diharapkan bisa berenang di genangan, bukan di banjir. Mohon bedakan banjir dan genangan

  14. ravindata says:

    jadi gak enak nih, gua punya kumis soalnya ….

  15. t4mp4h says:

    demi dikampak !!! hahhahaa

  16. ohtrie says:

    martoart said: Foto katro ini rela saya bagi ke semua teman demi ikut lomba di SINI (Klik)

    komen pertama,ketawa, wakakakakkakak… (ngliat photo katrok hasil jepretan beberapa bulan yang lalu setelah bertandang ke Jogja menuju Karimun Coyy…!) *nglirik kang Tampah*

  17. ohtrie says:

    hemmm,jadi makin mengurungkan niat buat iku lombanya Cam Vina dehh…alesannya: 1. kalo musti pake gaya reman, Cam Vina ini mantan Reman Semarangan. Kurang percaya..? AJak aja dia ngobrl pake bahasa reman Simpang lima.2. Setelah banyak kandidat yang lumayan tak bisa dipandang sebelah mata, akhirnya peserta kali ini dengan ID mBah Marto benar-benar membuat pandangan kedua mataku tertutup, INGAT…! bukan hanya sebatas sebelah mata, namun bener2 dua mataku lhoo..!!! Lihat aja tulisan ini dehhh, penuh satir akan keadaan negeri prikitewpertiwi ini…! hufftt…3. Sehubungan dengan hadiah dikampaknya, lah aku gak ada yang bisa dikampakin je selain kepalaku ndiri, bisa nawar hadiahnya diclurit enggak yaa…?!! :))LoL

  18. finding3mo says:

    wahhh.. canggih,..M anti renang… satu kerana takut.. dan alhamdulillah di dukung sama larangan dari dokter hihi.

  19. hitungmundur says:

    Ladalah.Sanggup ikutan lomba juga to.Sip! Dongakke slamet, Bro.

  20. karonkeren says:

    bhuahahaha … semoga berenangnya semakin jago … sekarang masuk musim hujan, jakarta banjir dimana mana, bentar lagi pada tenggelam tuh … ntar kalo uplot foto lagi, mustinya foto lagi loncat indah dari lantai 5 gedung perkantoran terjun bebas menuju banjir jakarta … hahaha … :p

  21. rengganiez says:

    weitzzz nek suasana hati cerah ki gek melu lomba :-)))

  22. nek ndaptar lomba kiy dititeni nulis apa…masak nulis pendaftaran lomba gini:martoart wrote today at 6:28 PMAnggap aja ngirim kado, Selamat Ultah Vina: http://revinaoctavianitadr.multiply.com/journal/item/348/Temenan_ama_airganti tuh linknya…*kurang baek apa gue sama kompetitor ngingetin gini…*

  23. hitungmundur says:

    rengganiez said: weitzzz nek suasana hati cerah ki gek melu lomba :-)))

    Mesthine. Suasana ati sang maestro lagi secerah lomba-lomba.Mblukuthuk-mblukuthuk….

  24. renypayus says:

    huwaaaaaaadia ikuuuuuuuuuuutttttt

  25. martoart says:

    srisariningdiyah said: kurang baek apa gue sama kompetitor ngingetin gini..

    Wakakakaka tengkiyuuuu jeng. nek menang tak silihi ngko. kekkekeke

  26. renypayus says:

    nek menang, Dicapac’e nggo aq wae. Koe nganggo kondom wae, yo?Hyuuukk….

  27. moestoain says:

    INDONESIA..negara tak miskin budayatak miskin alamnyaSABUDI (sastra budaya indonesia)mari kita jaga bersama!

  28. ohtrie says:

    srisariningdiyah said: nek ndaptar lomba kiy dititeni nulis apa…masak nulis pendaftaran lomba gini:martoart wrote today at 6:28 PMAnggap aja ngirim kado, Selamat Ultah Vina: http://revinaoctavianitadr.multiply.com/journal/item/348/Temenan_ama_air

    wakakakkaka….katroooooookkkkkkkkkkkkkk….!!!

  29. luqmanhakim says:

    agamfat said: Sbg pengikut Foke, maka diharapkan bisa berenang di genangan, bukan di banjir. Mohon bedakan banjir dan genangan

    Ha ha ha… Gemblung koen Gam!

  30. remangsenja says:

    huakakakakakakaka…… gag bisa berenang bareng doooong….

  31. debapirez says:

    Wah…sama dunk.Hingga SMP, saya jg ga bisa berenang. Skrg udah lumayan meskipun cm satu gaya aja.Coz, saya takut kulit putih saya gosong, Cak haha..Pasti foto di Tidung yak hehe..

  32. For a few second I thought you were going to declare that you are MTP….

  33. nitafebri says:

    agamfat said: Sbg pengikut Foke, maka diharapkan bisa berenang di genangan, bukan di banjir. Mohon bedakan banjir dan genangan

    hahahaha..apalagi daerah HOR kekepung banyak genangan klo hujan deres haha…suruh ikut latihan private tuh..

  34. ichamary says:

    jadi udah mahir nih ceritanya ?

  35. martoart says:

    edwinlives4ever said: MTP

    Wakakaka iya.. gaya2 tulisan si larva lalat itu emang kayk gini. hahaha

  36. t4mp4h says:

    martoart said: Wakakaka iya.. gaya2 tulisan si larva lalat itu emang kayk gini. hahaha

    jangan-jangan emang elu ?

  37. martoart says:

    ichamary said: jadi udah mahir nih ceritanya ?

    live vest itu bikin aku jago renang. Life Vest Beautiful eh,.. Life is Beautiful! itu kalimat penutupnya bro. Tuh ada foto katro yg renang pake rompi pelampung

  38. okeboo says:

    duh jd kangen berenang. di sini ribeeed:(

  39. jadul1972 says:

    ayo nyemplung barengan

  40. hahahaharenang di kali bahaya terkena tai ngafung, makanya aku jg dl ogahsampe skrg jg ga bisa renang

  41. martoart says:

    okeboo said: di sini ribeeed:(

    Burkini juga dilarang emangnya?

  42. cenilhippie says:

    martoart said: Kutukan Nusantara sungguh semakin terasa tatkala ternyata saya menyukai pemandangan laut, senang mengarungi ganas ombaknya, dan berbangga mendengar kekayaan hayatinya. Tapi kawan, kalau kalian pernah mengalami cinta platonik, seperti itulah yang saya rasakan. Begitu terpana kepada indahnya lautan, tapi saya tak mampu mencumbuinya, merenanginya. Sampai hari itu tiba, hari saat saya bersnorkling senang di atas indahnya gugusan karang, melayang riang di Kepulauan Seribu dan kemudian Kepulauan Karimunjawa di lain kesempatan. Dari pagi sampai siang, di lautan saya berenang. Satu dari kutukan Nusantara lumayan bisa saya taklukkan. Life Vest Beautiful eh,.. Life is Beautiful!

    sama…:)

  43. itsmearni says:

    waks…..simbah ikutan jugaasik bisa ngapung……………

  44. rawins says:

    seep lah dah bisa berenang, berarti ga terus terusa berakit rakit ke hulu…

  45. martoart says:

    rawins said: berakit rakit ke hulu…

    berlifevest kemudian…

  46. tintin1868 says:

    Blog Action Day yang kebetulan pada 15 Oktober 2010 bertema AIR.>>> tfs yang ini.. baru tahu.. sekarang kutukannya sudah musnah kan ya.. bisa berenang kaya ikan dengan snorkel.. ga turba lagi kan? sekalian nyelam gitu?

  47. martoart says:

    tintin1868 said: sekalian nyelam gitu?

    tentu gak bisa, lha wong pake life vest alias rompi pelampung. wah, apa kurang jelas ya kalimat terakhir tulisanku plus foto? kok pada nannya lagi? huhuhuhu…. sediih.

  48. martoart said: Lomba Pertamax yg aku ikuti!

    Iya, sampe terharu saya, mas …Makasiiiiiiiih …!!!!

  49. ohtrie said: bisa nawar hadiahnya diclurit enggak yaa…?!!

    SINI! Dengan senang hateeeeee …

  50. ohtrie said: Cam Vina ini mantan Reman Semarangan. Kurang percaya..? AJak aja dia ngobrl pake bahasa reman Simpang lima

    jing reman calamku, kas … :p*sambil langsung bersujud memohon ampun kepada calam

  51. martoart said: Blog Action Day yang kebetulan pada 15 Oktober 2010 bertema AIR

    Oya?!Kok bisa gitu, siiiy?*GR, soalnya tema event-ku kok bisa sama (eh, tapi perlu dicatet: aku bikin event ini sejak 27 sept 2010 loh, ya … )

  52. martoart says:

    aseeeek udah dibaca ma yg punya gawe…

  53. sepunten says:

    jane sampean rasah ngango pelampung iso ngambang lo :))

  54. afemaleguest says:

    waktu SMP, aku dapat pelajaran berenang dari sekolah, itu saat pertama aku belajar berenang. tapi, karena kemasukan air melulu waktu belajar ambil nafas, akhinya ‘kebisaanku’ berenang ya nanggung gitu deh: bisa meluncur, berenang sekitar 5 meter, kehabisan nafas, berhenti. hehehe …ketika anakku berusia sekitar 5 – 6 tahun, aku sengaja mencari guru berenang agar dia bisa berenang. Nah … waktu nganterin dia belajar berenang itulah, aku memperhatikan cara gurunya ngajarin anakku, terus aku praktek sendiri. dan hasilnya … WOW!!! aku pun bisa berenang!!! cihuyyy!!!semenjak itu aku tergila-gila berenang, … , sampe aku mengenal komunitas bike-to-work. dan … semenjak sepedaan, berenangnya jadi jaraaaaaang banget.btw, aku jadi pengen berenang! besok pagi ahhhh …

  55. afemaleguest says:

    by the way,gimana hasil lombanya Kang?

  56. martoart says:

    afemaleguest said: aku memperhatikan cara gurunya ngajarin

    bayarnya seharusnya dobel tuh!sebentar, sebentar.. gurunya ganteng ya?

  57. martoart says:

    afemaleguest said: by the way,gimana hasil lombanya Kang?

    hentikan pertanyaan itu!!!!!

  58. afemaleguest says:

    aku ga merhatiin wajah gurunya, tapi caranya ngajarin berenang!weks :pwedew, emang kenapa dengan hasil lombanya Kang?~ inosen dot com ~

  59. martoart says:

    afemaleguest said: emang kenapa dengan hasil lombanya

    diKO ma Tampah dan Presiden MPID.*Rahasia ya,.. aku dah bawa berkas n lapor ke KPU.

  60. afemaleguest says:

    wuuuuaaaahhhsounds so politic!hihihi ga nyambung ben ah

Leave a Reply

