THE GREENMARTO

Kali ini saya berbagi kehijauan diri. Bukan hijau tentara yang sangar, juga bukan hijaunya Islam yang acap tampak kasar. Ini hijau yang segar, lebih segar dari hijau es cingcau. Tak lain adalah dalam rangka merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia – Tanggal 5 Juni. Tulisan ini adalah semacam laporan ketika turut melibatkan diri dalam upaya menjaga lingkungan hidup sesuai kemampuan saya.








Pertama adalah bersukaria (tidak dibaca; Sukarelawan) dengan Jakarta Animal Aid Network (JAAN), lembaga nirlaba yang bergiat di ranah perlindungan dan penyelamatan binatang. Bersama para aktivis JAAN itu saya bisa belajar lebih memahami dan menyayangi binatang. Di antaranya ikut melakukan sterilisasi kucing dan anjing di Anyer. Memberi makan satwa liar di Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) Sukabumi. Mengubur mayat lumba-lumba yang terdampar di pantai Pulau Kotok, pulau di mana ada program perawatan dan peliaran kembali burung elang oleh JAAN. Dan ikut berdemo di depan Kantor Kedutaan kedutaan Jepang, saat kapal Jepang pemburu paus berlabuh di Surabaya. Saya juga menggambar mural bertema lingkungan di kantor yang dipandegai Femke den Haas itu, dan mencoba siap menggambar apabila mereka memerlukan ilustrasi untuk program kampanye J
AAN
.

Yang ke dua adalah dengan GREENPEACE Asia Tenggara. Sebuah organisasi global independen yang terkenal dengan aksi-kampanyenya dalam upaya mengubah sikap/perilaku masyarakat agar melindungi lingkungan dan mempromosi perdamaian. Tessa de Ryck, juru kampanye regional nuklir GREENPEACE meminta saya menulis ceritera untuk komik kampanye menolak rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia. Gambar dikerjakan oleh Gerry bersama Imbong. Komik yang berjudul “Nuclear Meltdown” ini menjadi komik anti PLTN saya yang ke dua. Sebelumnya, pada tahun 1993, saya pernah menggambar komik bertema sama untuk sebuah lembaga non-pemerintah di Kudus, Jawa Tengah. Namun sayangnya, saya tak punya lagi arsip komik berbahasa Jawa dengan judul “Ontran-ontran ing Muria” tersebut.

Yang membanggakan saya sebagai penulis cerita di sini adalah bahwa komik tersebut akan diterbitkan dalam tiga bahasa, yaitu; Indonesia, Inggris, dan Thailand. Besar kemungkinan akan diterjemahkan ke dalam Bahasa Hungaria. Juga akan diterjemahkan ke dalam Bahasa Italia, tetapi dengan sedikit mengubah cerita dan gambar untuk disesuaikan dengan persoalan setempat. Di Australia, komik edisi Bahasa Indonesia akan dipakai untuk pelajaran Bahasa Indonesia dalam format CDROM. Yang tidak membanggakan adalah GREENPEACE tidak mau mencantumkan alamat blog Multiply saya. Mereka beralasan untuk sejauh mungkin menghindar dari suasana politik setelah mempelajari isi blog saya. Saya bisa mengerti kebijakan GREENPEACE tersebut, tetapi tak bisa mengerti bahwa blog cengengesan ini dianggap bersuasana politik.

Komik GREENPEACE tersebut sudah terlebih dulu terbit online di link yang saya sertakan di atas. Anda diijinkan mengunduhnya. Edisi cetak kemungkinan akan dibagi cuma-cuma di saat peluncurannya di Komunitas Salihara, Jakarta pada Tanggal 21 Juni 2009.

Meski tak sehebat para aktivis lingkungan tersebut, saya cukup senang karena telah merasa turut menjalankan sesanti bijak moyang; “Amemayu Hayuning Bhawana”.

Selamat Hari Lingkungan Hidup!

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

49 Responses to THE GREENMARTO

  1. martoart says:

    Denger-denger, acara launching ini akan diramaikan oleh Efek Rumah Kaca (ERK). Sepertinya layak nih untuk ditunggangi sebagai ajang kopdar bagi penyuka ERK, MPers, Pecinta Komik, dan sebagainya. Gimana?Dan jangan berkecilhati, sepertinya prioritas pembagian komik untuk anak2 sma yg diundang, dengan ngasih identitas. tapi coba aja, siapa tahu berlebih.Namanya gretong, ya gak perlu protes kalo gak kebagian ntar. ngunduh aja di link-nya.Ok, sampe ketemu di sana.

  2. chanina says:

    green peace payah deh, kan masalah ijo-ijoan itu ya jelas masalah politik juga, kok ndak mau berpolitik ki maksud e piye, emang advokasi anti nuklir itu bukan politis

  3. sepunten says:

    Lhoh ini kan JAAN yg di Kemang timur ya?, tiap hari aku lewati (deket kantor) mas…Hayuk aja kalau 21 jumpa MPers, semangat lah, apa lagi ada ERK…

  4. jadul1972 says:

    Selamat Hari Lingkungan Cak

  5. respatikasih says:

    martoart said: lembaga nirlaba yang bergiat di ranah perlindungan dan penyelamatan binatang.

    aah jadi keinget dulu pernah jadi volunteer SPCA, asikkapan nih komiknya ?let’s go green, reduce plastic utensils, plastic bagyah moga moga kali ini ijonya bener2 seger… gak polluted sama politik yang lagi gak jelasselamat berhari lingkungan hidup

  6. bbbnshoes says:

    di foto kedua tu kang marto ya..kok mirip banget ama yg digendong …*Pisssmaaan*MEt HARI LINGKUNGAN COYYY

  7. klewang says:

    sip, tak download komiknya. Makasih Kang..

  8. martoart said: Saya bisa mengerti kebijakan GREENPEACE tersebut, tetapi tak bisa mengerti bahwa blog cengengesan ini dianggap bersuasana politik.

    Trust me, Cak, that organization is right, no matter how hard you try to be fair in writing anything… ;-D

  9. ya…ya…, salut, mesio sering ngeres tapi peduli karo lingkungan juga, aku sebenarnya juga punya kepedulian yg sama ambek sampeyan tapi wis suwe ra duwe wadah penyaluran, biyen pas jaman sekolah karo kuliah yo iso nyalurke.

  10. inyong says:

    sukses kang…. kaose green peace ojolali sing ukuranku yo

  11. martoart says:

    mungkin maksud mereka anti cengengesan aja…

  12. martoart says:

    tul Her, Kemang Timur. Tunggangin yuk acara mereka buat kopdar.

  13. martoart says:

    Yep, selamatkan alam

  14. martoart says:

    Yep, kalo diperhatikan, kami sama-sama melet. panjang-panjangan lidah, dan aku juara. Selamatkan Bumi..

  15. martoart says:

    Sedot aja komiknya, semoga suka dengan cerita yang sangat sederhana itu.

  16. martoart says:

    ai no ai no… he he..

  17. martoart says:

    Oooo… mungkiin maksud Greenpeace itu bukan menjauhi hal politis ya…, tapi hal ngeres. Baru nyadar aku.

  18. martoart says:

    kayaknya aku gak nyinggung asalah pembagian kaos Kang. Emang acara kampanye SBY, Mega, n JK, po? Lagian pasti susah nyari ukuran kaosmu yang berukuran saru (XXX) itu.

  19. inyong says:

    ha..ha..ha… pokoke aku pengin

  20. martoart says:

    Memayu hayuning bawana, asih samining dumadi, leladi samining dumadi — memperindah indahnya dunia, berbelas kasih dengan sesama, dan melayani sesamaCopas darimu…

  21. buneyasmin says:

    top banget Mas…. salut deh….Ej mas BTW, mas Marto apa masih ada kaitan secara genetika dengan Limbad? itu, pemenang kedua The Master—acara kontes sulapan di tipi.

  22. cenilhippie says:

    support!!….tak usahain dateng nanti…..

  23. martoart says:

    Ada dong. dengan lumba lumba dan kera juga ada kok. percabangannya yg beda. he he …

  24. martoart says:

    Asik-asik… mbakyu datang…

  25. buneyasmin says:

    dengan lumba: sama2 mamaliadengan kera: sama2 primata…

  26. martoart says:

    ha ha guru biologi…

  27. martoart says:

    ya kita nauin deh, orang namanya ngidam. kalo dilihat sih emang dah nginjak 6 bulan tuh perut…

  28. inyong says:

    huwa huwa huwa

  29. ravindata says:

    Kalau masih kurang ijo datang aja kesini ….Pasti IJO royo-royo ….

  30. martoart says:

    hijau nan mandiri…

  31. luqmanhakim says:

    martoart said: Komik GREENPEACE tersebut sudah terlebih dulu terbit online di link yang saya sertakan di atas. Anda diijinkan mengunduhnya. Edisi cetak kemungkinan akan dibagi cuma-cuma di saat peluncurannya di Komunitas Salihara, Jakarta pada Tanggal 21 Juni 2009.

    Tulisane selalu tematik dengan hari ya Cak. JAAN itu, aku dapet kesempetan ngeliat, pun muralmu. Kabar-kabarin berita gratisan komik ini Mas, seneng aku sama yang gratisan, he he he…

  32. luqmanhakim says:

    martoart said: Denger-denger, acara launching ini akan diramaikan oleh Efek Rumah Kaca (ERK). Sepertinya layak nih untuk ditunggangi sebagai ajang kopdar bagi penyuka ERK, MPers, Pecinta Komik, dan sebagainya. Gimana?

    Ini juga, kabarin aku ya Mas…

  33. martoart says:

    luqmanhakim said: Tulisane selalu tematik dengan hari ya Cak

    Othak-athik Mathuk Man…

  34. martoart says:

    Yep! aku nguping terus. Ntar kukabari.

  35. remangsenja says:

    21 Juni.. komunitas salihara! catet di agenda…halah.. di kemang timur toooh.. mestinya sampeyan segera hub. saya waktu JAAN protes ke kedutaan jepang, aku nyari2 aktivisist JAAN gag ketemuuu… mas dateng ke acara WOC juga gag di manando..

  36. martoart says:

    remangsenja said: mas dateng ke acara WOC juga gag di manando..

    he he… gak ada yg ngirim buat bikin konfrensi tandingan kesana. Tapi beberapa temen dah bikin advokasi karena aktivis Greenpeace dan Walhi ditangkepin.Yak, kopdar di Salihara dgn beberapa temen yg lain. pasti rame.

  37. agamfat says:

    kang, jadi kan acara 21 juni ini? jam berapa? aku cari di website salihara kok tidak ditulis?

  38. martoart says:

    Mungkin belum dikabarkan oleh Salihara Gam. Tapi pasti jadi deh. Acaranya jam 4 sore. Detilnya mah aku gak gitu tahu. Tapi bocoran yg aku dapet sekitar ini; Ada pembagian komik, yg diprioritaskan buat anak SMU (kamu bisa datang pake baju OSIS kalo mau). Ada sedikit makanan kecil ala vegetarian. Pentas teater. Masyarakat pecinta komik. Pecinta lingkungan, LSM macem Walhi, Dan pasti kita bisa numpang ketemuan sesama temen MP.Mungkin info selanjutnya bisa nanya2 yg punya gawe, Greenpeace.

  39. agamfat says:

    di website greenpeace juga nggak ada kang.aku nyaru jadi guru BP saja deh hehehe pura2 galak ke anak2 SMA yang datang

  40. martoart says:

    Akhirnya kelar juga acara yg dibikin GREENPEACE. Seru. cuman sayang Agam, jeng Arie, Heri, dan mbakyu Cenil gak dateng.Men-temen MP yg dateng adalah aku, Firman, Luqman, Beng Rahardian. Mayan, dapet komik. dan aku dapet DVD dari Luqman.

  41. agamfat says:

    Sori kang. Awakku meriang, sabtu pergi dari jam 7.30 medical ceck up, lanjut jalan2, kawinan, dsb , baru pulang malam.Btw, Beng satu angkatan dg sampeyan di ISI?Pekan kreatif minggu depan ketemuan yu?

  42. itapage says:

    gak ketemu GB, saya kemari saja. Blognya menarik *tidak gombal lho* mau baca yg ttg biarawan sion. Makasih udah nyasar ke sitenya Jackaroo, semoga bisa kembali pulang dg selamat. :-))salam kenal dari Sydney mas…*nyodorin tangan salaman*

  43. martoart says:

    itapage said: Makasih udah nyasar ke sitenya Jackaroo

    he he jadi malu, ketauan ngintip. Ntar saling ngintip ya. silakan telusuri gambar dan tulisannya. hati-hati, pegangan. Terimakasih pujiannya.

  44. martoart says:

    Sekadar berbagi info, semoga berita seperti ini bisa menjadikan kesombongan orang Batan surut, kecuali mereka tetep bebal karena PLTN adalah duit besar:http://www.tempointeraktif.com/hg/asia/2011/03/12/brk,20110312-319547,id.html?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter

  45. martoart says:

    agamfat said: Proyek….

    indeed

  46. martoart says:

    Dan ini vidio serta beritanya. Bagus, memperbandingkan juga dengan Chernobyl Tragedy:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s