Merayakan satu tahun bermultiply

Ah, genap satu tahun bermain Multiply (MP). Tepatnya tanggal 18 April 2008, saya melibatkan diri di dalamnya. Tanggal yang tanpa saya sadari adalah tanggal yang kebetulan tepat dengan ketika membuat akun di Blogspot (BS) dua tahun sebelumnya (2006). Saya tinggalkan BS karena dia tak pintar mengakomodasi saya sebagai pengguna yang gaptek. Selain itu juga lupa passwordnya. Sebenarnya tak tahu mana yang layak menjadi alasan pertama. Sampai akhirnya berkenalan dengan MP.

MP
Berikut ini apresiasi saya terhadap MP. Saya merasa MP lebih berhasilguna sebagai sebuah blog dibanding BS dan WordPress (WP), karena alasan kemudahan teknologinya bagi para awam seperti saya. Dan sebagai jejaring sosial MP lebih berdayaguna dibanding Facebook (FB) dan Friendster (FS). Tidak seperti FB dan FS, MP cenderung mempertemukan teman baru. Dan itu berdaya rekat bagus lantaran ketertarikan yang sama dan menggoda terhadap suatu topik. Bukan kuantitas kontak, namun kualitas. Saya menyebutnya sebagai seleksi virtual. Tak tersedianya fasilitas chatting di MP justru menyemaikan hubungan yang lebih berkualitas. Toh untuk ngobrol sudah ada Yahoo messenger (YM) atau Skype.

Selain kawan dan lawan, banyak hal yang saya dapat dari media satu ini. Pertama sebagai media pembelajaran. Untuk menjadi tua tak perlu saya belajar, ia sebuah keniscayaan, namun kedewasaan tak datang layaknya hadiah. Antukan dan jebakan tak tepermanai. Tulisan dan gambar sengaja saya buka untuk siapa saja. Ini adalah salah satu cara menciptakan kesiapan menghadapi antukan dan pernyataan yang saya siapkan untuk menjebak diri-sendiri. Demi kedewasaan, saya harus siap terantuk dan terjebak.

Tentu juga saya terus belajar menulis dan menggambar yang benar secara tata bahasa dan kaidah visual. Meski begitu, di sisi lain tak begitu suka aturan, makanya dalam berkarya tetap saja hak privilege saya pegang teguh. Memang dilematik, namun dengan siapapun bisa menuang komentar, saya berlatih menanggapinya.

Bagi saya, situs blog – kususnya MP yang lebih bernilai sebagai blog dan tak begitu jejaring sosial ini – adalah media yang demokratis. Setidaknya memiliki fasilitas yang demokratis. MP dan blog sejenis bisa diakses siapa saja. Ada mekanisme komentar yang lebih sejajar dibanding hak jawab yang dimiliki media massa. Redaksional dan pertanggungjawaban ada pada individu yang bersangkutan, sehingga setiap orang akan menerbitkan karyanya berdasar kesadaran sensor diri. Karena itu situs blog, kususnya MP, tak bisa dipungkiri juga mengusung kaidah-kaidah jurnalistik yang juga dipunyai media massa. Bahkan ada mekanisme semacam Ombudsman di jajaran administrasi MP bagi yang hendak menyampaikan mosi dan protes. Permasalahannya hanya ada pada, apakah Si Om ini akan melakukan investigasi ke MP kita yang dilaporkan tak baik? Ataupun kalau melakukan pengecekan, apakah Si Om ini bisa berbahasa setempat?

Permasalahan di luar administrasi adalah ketika ada orang pintar IT yang mengacaukan MP kita karena tak pintar menahan emosi. Meskipun begitu, masihlah tak apa kalau yang tak bijak itu hanya satu-dua individu. Paling hanya mengorbankan situs lawan lantaran beralas dendam dan kegagalan intelektual. Tapi akan menjadi tragedi intelektual dan proses kedewasaan peradaban apabila pelakunya adalah penguasa. Dan itu pernah ditandang MP; Pemblokiran. Istilah senada untuk “Pembredelan” di wilayah media yang lain. Hal ini justru mengukuhkan MP sebagai situs yang lebih memiliki kecenderungan sebagai media massa. Namun begitu apabila ada yang memilih MP-nya sebagai semacam buku harian ataupun media curah ekspresi lainnya – dan rasanya ini lebih banyak -, pasti bukanlah menjadi sebuah aib.

Tulisan ini saya dedikasikan kepada Multiply sebagai ungkapan terima kasih telah diberi ruang berekspresi yang nyaman selama setahun ini. Sekaligus permohonan agar jangan mepercayai laporan yang mengatakan MP saya tak baik. Agar tahu saja, bahwa orang Indonesia suka banget nggosip.

HS

Bersama ulang tahun MP saya yang pertama ini, perkenankan untuk sekalian me-launching Headshot (HS) baru. Saya ambil dari selembar pas foto hitam-putih yang pernah melekat di bekas kartu mahasiswa dulu. Mohon maaf kepada teman-teman yang menyarankan agar HS saya lebih friendly, semanak, dan full senyum, ternyata hanya foto lama itulah yang paling layak pajang. Nikmati saja.

Ada baiknya me-retrospeksi HS berurat tegang yang telah selama setahun menjadi maskot MP saya ini. Dan berbagi kisah di baliknya, alih-alih sebagai introspeksi visual.

Maskot berkulit hijau berlatar belakang merah adalah HS pertama saya. Ada teman yang menengarai dengan menyebandingkan metafora semangka; Di luar hijau, di dalam merah. Ditambah mata merah dan sayap kelelawar, lengkap sudah penengaraannya. Boleh saja.

Maskot berikutnya berlatar belakang merah putih, adalah HS Bulan Agustus. HS dalam rangka merayakan ulang tahun Republik Indonesia. Saya merasa tak banyak berbuat baik kepada tanah air tercinta, maka turut mangayubhagya rasanya baik adanya.

Maskot dalam jeruji besi, berlatar belakang motif jilatan api, adalah HS tematik Bulan Ramadhan. Pada bulan ini saya secara khusus melansir beberapa tulisan bersolidaritas kepada setan sekaligus guna meramaikan malam-malam penuh rahmat tuhan.

Maskot mimikri menjadi biru membeku berlatar belakang putih, sayap berubah menjadi sayap merpati. Itu adalah HS Hari Lebaran. Konon bila kembali ke suci, kita akan menjadi pucat pasi.

Maskot berlatar belakang Bendera Palestina yang saya parodi segi tiga warna merahnya menjadi lelehan darah adalah simbol solidaritas kemanusiaan kepada Bangsa Palestina akibat kekejian Bangsa Israel.


Maskot Bulan Pebruari, Bulan Kasih Sayang. Meski HS berlatar belakang merah muda dan bermotif hati, tetap saja tak tercapai kesan melankoli. Memang perlu segera mengganti maskot agar sedap di mata dan di hati. Tetapi setidaknya pada bulan ini saya telah menuntaskan serial panjang terdiri dari empat bagian tulisan tentang cinta.

Maskot edisi Free-Mium. HS ini secara sporadis saya lansir. Tak ingat kapan pertamakalinya, tetapi yang pasti karena rasa khawatir saat MP seperti hendak mengurangi fasilitas bagi pengguna gratisan seperti saya. Untuk menyikapi, saya ambil stempel “P” dari pengguna Premium dan memarodinya menjadi stempel “F” untuk HS saya sendiri sebagai pengguna Free-mium alias bebas bayar.

Begitulah. Saatnya saya tiup lilin. Fiieeeuuhh..

———————————————
Kepada semua yang sempat singgah dan melihat isi Gudang saya, baik kawan ataupun lawan, sudilah memberi komentar sebagai kado ulang tahun MP ini. Terima kasih.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

80 Responses to Merayakan satu tahun bermultiply

  1. Slmt ulng thn utk mpnya mas marto. Tetap brkarya di mp, aku selalu mrindukan karya jnengan meski aku sadar dasar pmikiran kita tak spenuhnya sama. Tapi mp memang mengajari kita utk bergaul scr lebih dewasa.(Reply dari hp. Jadi Sory klo bnyk singkatan)

  2. harblue says:

    senang berkenalan dengan mas Marto. tulisan-tulisan anda menambah wawasan saya😉

  3. agamfat says:

    bottom line mas: apakah MP ini juga menambah nilai ekonomi sebagai freelancer hehehe? Kan nggoda2 Luqman supaya jadi freelancer. Apa ini juga dimaksudkan sebagai parade karya?Selamat berHUT MP!

  4. widaperret says:

    Met ber-Hut MPgosok gigi dulu sebelum tiup lilin dong mbah…@itu beneran pas foto-mu jaman dulu? beda2 tipis sama foto saya gayanne kalau saya mingkem karena memang gigi-nya tonggos

  5. bbbnshoes says:

    hakakakkakakakkakkakakkaka…asli ngakak liat HS barunyapadahal HS yang versi keselak bin tersedak (abis melotot gitu) sudah melekat di ingatan kusik sik mas…lagi mikir mikir, HUT -ku juga di april, tanggal berapa ya…wis…hepi HUT ajah…..wush wush…ikutan nyembur eh niup lilinnyaehmm, pake doa gak sih…semoga langgeng ajah dah n terus menelurkan (ayam kalee) karya yg bikin urat muka ketarik kesono kemarin…

  6. inyong says:

    dengan MP ini juga membawa keberuntungan kok

  7. ravindata says:

    martoart said: Maskot edisi Free-Mium. HS ini secara sporadis saya lansir. Tak ingat kapan pertamakalinya, tetapi yang pasti karena rasa khawatir saat MP seperti hendak mengurangi fasilitas bagi pengguna gratisan seperti saya. Untuk menyikapi, saya ambil stempel “P” dari pengguna Premium dan memarodinya menjadi stempel “F” untuk HS saya sendiri sebagai pengguna Free-mium alias bebas bayar.

    jadi inget, aku sampai perlu tabayun ke sampean soal ini….mata lamur, aku pikir sdh pakai stempel P. ngapain kang marto perlu premium ya ?

  8. hitungmundur says:

    Obor sudah ditiup (biarpun nyambar kepala ente sampai rambut HS barunya njigrag begitu), harapan sudah melayang ke inbox tuhan.Slamet-sugeng, Bro. Semoga enggak bakalan ada civil act buat MP supaya 18 April tahun depan kita masih ketemu.Bayarlah pajak dengan merokok, dan mari ramaikan warteg.

  9. mimpikiri says:

    selamat bersuka suka di multiply paman marto..mari merayakan dengan coretan coretan lalala…paman marto. 4 hari lahi ulang tahun multiply saya lhohihihi

  10. setiap kali saya memposting tulisan, komentar mas marto selalu saya tunggu-tunggu. selain mas marto ini paling rajin kasih komen, saya menilai komentar2 mas marto sangat kritis, menggelitik, dan kadang2 mengundang senyum. selamat ultah di MP 1, semoga panjang umur bergabung di MPers. aku selalu tunggu karya2 anda…

  11. selamat ulang taun MP mas marto .setuju ama komen diatas, gue sering baca- baca postingannya mas marto yang bagus. hehemakasih udah sering sharing lewat postingannya…

  12. damuhbening says:

    wah sayangnya maskot-maskot itu tak disertakan juga di bagian ini mas.dengan MP akhirnya aku bisa mengenal sampeyan..terimakasih segalanya

  13. martoart says:

    Yep, akan terus menulis n menggambar. Pemikiran kalo sama malah bahaya. gak asik! dlm hal ini pemikiran kita sama kan? he he

  14. martoart says:

    tengkiyu! asik kalo kita terus bisa saling belajar.

  15. martoart says:

    Kalo pake sistem Paypal atau apa tuh, pasti asik kalo banyak tg ngeklik.Juga bisa ngasih contoh karya kalo klien mo tahu. he he..tapi selama setahun ini gak mikir ke sana..

  16. lainnya says:

    selamat mas……..hihihihi…… dari yang galak, sekarang jadi bikin senyum-senyum…..semoga bisa merubah ‘trademark’ seorang martoart yang tadinya seperti Ki Joko Bodo itu menjadi seorang martoart yang friendly dan sumringah…..*heheheh…. beruntung aku sudah pernah dengar mas marto tertawa

  17. ravindata says:

    umpama pertunjukan panggung aku malah lihat begini : “limbad telah berubah menjadi triman … ?”

  18. martoart says:

    Trims Wid. Aku yg versi Cakil. hehehe

  19. martoart says:

    He he… Lebih ramah ya? Ok, biasakan melototi HS ini, ntar melekat juga kok. He he… trims. doain aja…

  20. martoart says:

    Ya, dah dapet HP. (kayaknya gabungan dari HS dan MP ya?)

  21. martoart says:

    Oh iya iya betul! sampeyan pernah heran n make sure soal ini. aku sendiri jadinya malah bingung waktu itu. Baru sama-sama nyadar akhirnya. Ha ha ha…

  22. martoart says:

    Trims. Semoga tuhan bisa menerimanya sebab setiap postingan saya selalu for everyone. Eh tuhan tuh termasuk “everyone” gak sih?

  23. martoart says:

    Yap trims ponakan. aku tunggu tulisan edisi Ultah MPmu. yuk terus bertralalalala…

  24. martoart says:

    Terima kasih juga telah mengajangi saya berkomentar mas. Tulisan sampeyan yg bagus memancing saya untuk kasih komen sih.

  25. martoart says:

    Yep trims Man, apa kabar Bandung. pengin main ke sana nih..

  26. martoart says:

    Yak, aku juga senang bisa kenal Damuh yang damai. Eh, Damuh, Maskot-maskot HS itu aku sertakan di sini, di Gambar Wonderful Choice itu loh. Tapi emang sengaja aku bikin gelap sebagai latar belakang Maskot HS yang baru, yang tercontreng.

  27. martoart says:

    Trims, tapi Joko Bodho? He he.. sekarang HSku malah jadi Joko Koplo gini gimana?

  28. martoart says:

    Nek Triman n Joko Bodho ngertilah Vin, tapi Limbad ki sopo?

  29. klewang says:

    genap setahun, jumlah contact sampean juga merujuk pada angka cantik; 111tahun depan mungkin contact sampean nambah jadi 222.tapi ener, asyik lho HS sampean yang ini, lebih ramah lingkungan

  30. martoart says:

    Dan tahun ke enam 666. Sangat pantas dirayakan.HS ini juga “bersih lingkungan”, bebas dari anasir-anasir latent. he he..

  31. dollantefran says:

    alhasil saya tersenyum-senyum sendiri.. semoga semakin giat mengisi multiply-nya yak..Selamat!!

  32. martoart says:

    tararengkiyu Teffi. Senang ya lihat senyum HSku? he he

  33. sepunten says:

    selamat merayakan kang, ultahku nanti 8-8-09 sbb dulu mulainya 8-8-08 hee….fasilitas dari kang Mbaurekso ini mari kita gunakan semaksimal mungkin, dg gratis, mengembangkan bakat nulis-mikir-dll, bersosialisasi paling efisien… kurang apa coba kan? heee… mari kita syukurifotone ‘revolusioner’ tuh …

  34. martoart says:

    Wah, hari jadi MP yang keren tuh! 888. Trims, fot revolusioner jaman kuliah dulu. he he he…

  35. chanina says:

    berkat MP aku kenal sampeyan ya, dst dst dan semoga masih dst he he

  36. notapearl says:

    HS barunya lucu bgt hihihihi….bikin tumpengan nggak Om?thanks ya Om udh boleh meguru di padepokan martoart..

  37. martoart says:

    Saat muda suka tertawa, pas tua malah urat menegang ke mana-mana … He he.. Gak bikin tumpeng, beras mahal. Eh, blog ini Gudang, bukan padepokan…

  38. cenilhippie says:

    MP memang yang paling yahud…….:D

  39. martoart said: Mohon maaf kepada teman-teman yang menyarankan agar HS saya lebih friendly, semanak, dan full senyum, ternyata hanya foto lama itulah yang paling layak pajang. Nikmati saja.

    Mmmmmm, I like your old headshot better. Somehow it seemed more you.

  40. martoart says:

    Thx Mas Edwin, but u’ll fight w Klewang.

  41. martoart says:

    sejauh dia siap melawan pemblokiran penguasa ya non…

  42. Yeah, yeah… Both MP (Multiply) and MA (Marto Art) ROOOOOCK!!!(See the logo attachment for details)

  43. martoart says:

    thx, keep on rockin!

  44. luqmanhakim says:

    He he he, sumpah Cak, sampeyan ini Fully Philosophy…Btw, aku ketemu temen-temen lama kartunis di fesbuk, ndilalahnya kok selalu diarahin jadi donlennya sampeyan… Halah, dunia kok sempit amat sih Cak? He he he…

  45. martoart says:

    He he… menggodaku untuk ikutan FB ya Man? Tak mempan, tak mempan…

  46. martoart said: He he… menggodaku untuk ikutan FB ya Man? Tak mempan, tak mempan…

    Wise choice, Cak!

  47. aidavyasa says:

    bikin kangen juga ni insan

  48. agamfat says:

    martoart said: He he… menggodaku untuk ikutan FB ya Man? Tak mempan, tak mempan…

    ah katanya si Tri Agus sampeyan numpang ngakses fb pake akun dia hehehe

  49. martoart says:

    jangan percaya Tri Agus, dia salah satu anasir2 perayu agar aku ikut FB

  50. tiarrahman says:

    numpang lewat.. selamat setahun di MP.. walau lewat dikit.

  51. martoart says:

    silakan mas.. trims ya..

  52. remangsenja says:

    hahahahaha… begitu kuatnya sebuah ikon melekat untuk diintepretasikan..kira2.. HS saya diintepretasikan seperti apa ya?btw.. saya suka dengan MP hampir sama dengan alasan mas.. yaitu : kegaptekan hahaha.. dan setubuh eh setuju [kalau saya bercandaan di mP ibu2 yg lain mah dah biasa, tapi kalok disini luar biasa :P] kalau kontak MP adalah sebuah seleksi alam virtual..selamat 1 tahun

  53. martoart says:

    HSmu susah ku inteprestasikan… ada godaan tuk fokus sih. kwakakakaka…Thx selamatnya.

  54. martoart said: sudilah memberi komentar

    Baru setahun (lebih), tapi isinya penuh bobot. Suka mbaca blog dan lihat foto2 njenengan. Tapi belum tahu mau komentar gimana. Sumelang kliru🙂

  55. martoart says:

    ahmadabdulhaq said: Sumelang kliru

    Nek gak keliru, gak menungso.. tenang aja mas… hehe..

  56. martoart says:

    martoart said: Tak tersedianya fasilitas chatting di MP justru menyemaikan hubungan yang lebih berkualitas.

    Sekara udah ada, tapi jebulnya tak begitu mengganggu. Kadang malah membantu. Rupanya ada chatting yang tak retak.

  57. ohtrie says:

    sip mBah…Maaf baru baca, aku koment juga lho ini….:)

  58. martoart says:

    damuhbening said: wah sayangnya maskot-maskot itu tak disertakan juga di bagian ini mas.

    wah, sekian lama baru aku ikuti idemu ini. terima kasih sarannya damuh.. sip!

  59. bbbnshoes says:

    barusan nemu suggest link kang marto di FB…welah, tibake nyang mulkipli…katanya suru ngacak acak…ya wis, mencecer komen di mana tau deh ^_^

  60. martoart says:

    Tapi jangan lupa sholat ya…

  61. bbbnshoes says:

    hahahaha…iya iya, kecuali kalo junub kesiangan..kwkwkwkwkkw

  62. okeboo says:

    Jadi taun ini 2taun ber-MP, mas? Hebat bgt baru 2th tapi sangat produktif dan bagus2 semuanya!*siap2 pake helm ya mas :p*

  63. arddhe says:

    wah saya bentar lagi berulang tahun keempat lho di mp hehe

  64. rinita says:

    sebentar lagi 2 tahun ngeMP….jadi udah nggak nenen dong ya..:-))))

  65. martoart says:

    rinita said: udah nggak nenen dong ya..:-))))

    he he. kita makin tua malah suka nenen.

  66. rirhikyu says:

    huahahahahahaaaaa….. gue suka HS yang ada F nyatp F nya doanksisanya tulisannya… akur Ommmmm

  67. afemaleguest says:

    martoart said: he he. kita makin tua malah suka nenen.

    ouch???wakakakakaka …

  68. afemaleguest says:

    it is better late than never ya Kang?hmmm … MP memang lebih akomodatif dibandingkan penyedia blogsite gratis yang lain, such as blogspot, karena dengan mudah kita bisa mengunggah … misalnya … lagu, video, dan foto. dengan catatan aksesnya ga pake lelet. aku tetap ngeblog di blogspot karena kenarsisan yang akut, wkwkwkwk … tapi juga dikarenakan beberapa tahun lalu ada orang yang komplain tiba-tiba blog mereka hilang begitu saja. nah, kan sayang kalau hal ini terjadi? maka, demi amannya ya dengan rajin mengunggah tulisan sendiri ke beberapa blogsite dimana aku memiliki akun. ketika CPU ku rusak beberapa waktu lalu, aku merasa betapa malah menyimpan tulisan di blog lebih aman dibanding di CPU. btw, yang katanya blog bisa hilang sendiri itu, sampai sekarang tidak terjadi padaku. semoga tidak.🙂 cheers … ^_^

  69. martoart says:

    afemaleguest said: katanya blog bisa hilang sendiri itu, sampai sekarang tidak terjadi padaku. semoga tidak.🙂

    semua punya kuota. termasuk MP. ada beberapa kasus yg postingan lama hilang. makanya ada yg belain bikin Premium. ngunggah video musik, dan file berat lainnya akan mengurangi jatah bagi gratisan. Maka simpan di tempat lain (external HD misal) juga tetep perlu.

  70. afemaleguest says:

    martoart said: semua punya kuota. termasuk MP. ada beberapa kasus yg postingan lama hilang. makanya ada yg belain bikin Premium. ngunggah video musik, dan file berat lainnya akan mengurangi jatah bagi gratisan.

    ah, untunglah aku ga begitu suka — hampir jarang — mengunggah video. tapi, MP yang lama dulu, ngunggah musik beda dengan ngunggah video, sekarang malah disamakan. tapi, eh, ini maksudnya, jika pemakai gratisan lain banyak ngunggah file berat, bakal mempengaruhi jatah bandwith pemakai gratisan yang lain gitu yah? :-(btw, bulan Agustus kemarin sempat ‘off’ dari FB selama empat hari, akun ku-deactivate karena mendadak jenuh. hari kelima aku log in lagi — reactivate — semua note-ku GONE!!! patah hati berat aku, karena ada beberapa yang aku langsung menulis di situ, lupa ngunggah di blog yang lain, juga ga ada file backup di kompi/flash disk. beberapa teman yang komplain hal yang sama, mereka kemudian mengaku note mereka ‘dibalikin’ alias dimunculin lagi oleh FB, but punyaku benar-benar GONE WITH THE WIND, ga balik lagi. :(( padahal noteku ga sebanyak di MP maupun blog yang lain. *curhat* ^_^

  71. martoart says:

    afemaleguest said: maksudnya, jika pemakai gratisan lain banyak ngunggah file berat, bakal mempengaruhi jatah bandwith pemakai gratisan yang lain gitu yah?

    sesungguhnya aku ga gitu paham benar dengan teknologi informasi sesederhana ini, tapi setahu aku kalau MP kita banyak berhias gliter, atau theme yg cara bikinnya kurang pintar, akan memperlambat loading (display) page kita sendiri. Hal ini berdampak pada malasnya teman yg akan membuka page kita. khususnya yg kecepatan mereka punya rendah. Tentu juga kalau kita unggah video atau music, atau gambar yg besar. Tapi hal itu keknya gak memakan jatah bandwidth orang lain, hanya memakan kita sendiri. Ayo, siapa yg mo bantu jelasin…

  72. penuhcinta says:

    Baru tahu kalo dulu sampeyan punya HS mendelik gitu dan suka ganti2 tema kayak google search aje.

  73. martoart says:

    penuhcinta said: suka ganti2 tema

    Sekarang mencoba menjebakkan diri dengan HS ini.

  74. carrotsoup says:

    penuhcinta said: Baru tahu kalo dulu sampeyan punya HS mendelik gitu dan suka ganti2 tema kayak google search aje.

    saya dulu ngikutin beberapa, dan sempat menyimpulkan cak marto itu setan yang ngeMPi… wkwkwkwkPISS cak……..

  75. martoart says:

    carrotsoup said: setan yang ngeMPi.

    better than malaikat yang ngeFBe. wkwwkw..

  76. martoart said: He he… menggodaku untuk ikutan FB ya Man? Tak mempan, tak mempan…

    4 tahun selalu istiqomah dijalannya.

Leave a Reply

