HAM Bukan BURGER

[Untuk merayakan Hari HAM, 10 Desember]

Limabelas tahun silam, Tepatnya bulan Desember 1993, Majalah Tempo bersama Lembaga Humor Indonesia (LHI) menggelar Lomba Naskah dan Poster Humor bertema Hak Asasi Manusia (HAM). Senang sekali saat itu berhasil meraih juara satu lomba poster humor. Sedang untuk naskah humor dimenangi oleh Ayu Utami. Ayu Utami, perempuan yang kelak begitu terkenal itu tidak perlu saya kenalkan di sini. Karena sudah terlanjur terkenal.

HAM Bukan Burger adalah tema poster saya. Bersama poster itu saya ingin turut mengatakan bahwa HAM hendaknya dihormati, dijaga, bahkan menjadi kewajiban untuk ditegakkan. Tapi memang yang acap terjadi HAM malah dicincang, digilas, digulung, ditekan-tekan sampai gepeng layaknya daging giling. Dan itu berlangsung sebelum ataupun setelah poster saya menang. Pun terus berlangsung sampai gambar poster itu diproduksi masal dalam bentuk kaos [Foto]. Saya tak hendak mengatakan bahwa kegagalan menyampaikan pesan adalah sia-sia. Kadang membayangkan pesan-pesan yang gagal itu mengawang entah di mana, dan pada saatnya ada sejarah yang menangkap terus mengabarkannya. Tidak, saya tak mau mengangan awang-awang, tapi lebih tertarik mengatakan bahwa pesan tetaplah bernilai. Terkabarkan ataupun terkaburkan, gagal ataupun kasil. Di satu sisi, kegagalan sampainya pesan pastilah banyak hal yang menyebabkannya. Pendapat para pakar komunikasi seperti Wilbur Scram dan DR. Phil. Astrid Susanto tentu sudah cukup menjelaskan.

Namun menurut saya, mereka terlalu akademis. Sementara upaya menanamkan perlunya pengormatan akan HAM begitu susah. Maka, dengan sedikit mangkel, saya tuduhkan saja itu disebakan oleh misalnya hal-hal tak akademis berikut;

1. Isu HAM tidak seksi lagi, lebih asyik ngomongin wheel dope keluaran terbaru.

2. HAM dianggap politis, biar itu menjadi urusan Komnas HAM dan KontraS.

3. Diskusi HAM di televisi sungguh tidak menghibur, maka cari saja sinetron di canel lain.

4. Topik HAM dirasa terlalu berat, lebih menggairahkan ngrumpiin janda sebelah rumah.

5. Kasus pelanggaran HAM mudah dilupakan, maka percayakan saja kepada Prabowo Subijanto untuk 2009.

6. HAM itu produk Barat, bikinan kaum kafir. Tinggalkan!

7. Para penggiatnya kurang dana, sehingga iklan layanan masyarakat yang dilansir (kalau ada) amat mudah tertimpa rapatnya iklan Indomi atau Gerindra.

8. Kreatifitas berkampanyenya buruk, maka poster seperti di atas saja bisa menang.

9. Kalau toh memang kreatif, seperti halnya karya-karya Sang Maestro Iwan Fals misalnya, apalah kuasa seni melawan tentara dan milisi.

10. Gak HAM – Gak Patheken, toh Jihad fisabililham tak terjamin surga. Malah-malah berurusan dengan negara dan bisa-bisa masuk penjara.

Ayu masih menulis, menyuarakan perlawanan akan penyeragaman, Iwan (y
ang juga alumnus LHI lantaran memenangi juara pertama lomba musik humor), terus menyanyi, mendendangkan kesaksiannya tentang ketidakadilan. Dan kita tahu penjagal HAM tetap saja meliar di mana-mana. Tulisan, nyanyian, kerja, pikiran, dan doa kita boleh jadi susah menembus benteng kebebalan mereka. Seperti sia-sia.

Tapi tenang saja, usah putus asa, sebab yang namanya pesan tetaplah bernilai. Terkabarkan ataupun terkaburkan.

Selamat merayakan fitrah ketuhanan, jangan pernah lelah mengibarkan kemanusiaan!

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

41 Responses to HAM Bukan BURGER

  1. chanina says:

    HAM musti diperjuangkan sampai ke ujung vagina, oh ya slamat ya uda juara poster, he he meskipun nylametinnya telat 11 tahun he he he

  2. luqmanhakim says:

    Idemu emang out of the box Mas…Keluar jauh dari ‘sarang’ yang mengkungkung. Lama aku liatin image poster itu, baru aku baca semua tulisanmu.Pernyataan dan pertanyaanku tentang poin-poin tulisan ini:Poin nomer 1 100% agree.Poin nomer 2 50% agree. Sampeyan udah pernah disenggol kasus yang berkenaan dengan yang (katanya) bernama “HAM” sampe separah-parahnya nggak Mas? Aku pernah yang disangka IS sang teroris dan itu nggak enak. Percayalah.Poin nomer 3 50% agree. Tergantung narasumbernya juga. Toh aku juga hidup dari acara televisi. He he he…Poin nomer 4 100% agree. Mending ngobrolin bokep aja, dari filmnya secara harfiah sampe fenomena budayanya ketimbang ngerumpiin janda sebelah. Nanti kena hukum ghibah soalnya, he he he…Poin nomer 5 100% agree. Bangsa kita ini memang bangsa yang pemaaf. Poin nomer 6, 0% agree. Kenapa Mas Marto jadi satiris gitu?Mas Marto nggak sedang ikutan Al Qaeda kan? He he he….Poin nomer 7 25% agree. Aku nggak sepaham sama aksi nempelin stempel langsung dijidat.Poin nomer 8 0% agree. Itu kelayakan yang pantas dan jangan disatirikalkan. Kalo mau didiskusiin, tempat di kolom komentar ini nggak akan muat. Ntar aja kalo ketemu kita diskusiin panjang lebar.Poin nomer 9 0% agree sisi kelemahan yang dikedepankan. Seni itu untuk melembutkan hati, pun yang keras sekalipun. Nggak bisa sulap sim salabim langsung lembut, butuh waktu. Sama seperti batu yang harus ditetesi air tiap hari, tiap waktu, tiap jam, tiam menit dan tiap detik sampai ia bolong. Nggak setuju sama pernyataan inilah pokoknya!Poin nomer 10 No comment.

  3. martoart says:

    Lukmaaaannnn…. Wadaaaaeewww!!!!!10 poin itu adalah kegelisahanku kenapa kita/bangsa ini cenderung cuek dengan upaya penegakan HAM. 10 poin itu bukan pernyataan kenapa aku cuek dengan HAM. Palagi dibilang Alqaeda! Baca lageee (wa wa wa…sambil nagis geru-geru).

  4. martoart says:

    (Masih nangis, lapor Gracia) Wa wa wa… Lukman luput. Tolong peluuuk…

  5. rixco says:

    Demonstran mati Pelanggaran Ham, pada hal dia dulu yang ngelemparin polisi pake batu atau sejenis benda lainnyakemudian Polisi yang di lempari batu tadi ada yang mati karena ulah demonstran nggak ada pelanggaran HAM jadi HAM :

  6. agamfat says:

    Kaosnya laku berapa buah kang? Hehehe….Kelihatannya pesan HAM akan lebih ‘nendang’ (nggak HAM banget hehehe) kalau dibawakan oleh Efek Rumah Kaca, mengalahkan iklan Gerindra….ERK akan luncurkan album 18 Desember nanti. Sudah dapat 4,5 bintang dari Rolling Stone untuk kualitaas musik dan berbobotnya pesan. Datang kang

  7. dollantefran says:

    Hahahahaha… satir papan atas.. kalau dibaca bikin tergelak tp sarat muatan kritis..Brapoh!

  8. Gambarnya menggelitik, bobot gede, hehe… Big Mac ke laut aje! Ga sepantat ama ente untuk poin 8, kyahaha!!!Tema postingan yang cukup susah dicerna, kalo’ ada yang cukup iseng buat mikirin. Masalahnya, aku termasuk orang iseng itu.

  9. luqmanhakim says:

    martoart said: Palagi dibilang Alqaeda! Baca lageee (wa wa wa…sambil nagis geru-geru).

    Tenang Mas…Aku nggak lagi su’udzon sama sampeyan ya Mas… Maap, jangan salah persepsi juga, aku lagi mencerna arah berpikirmu buat nyamaain persepsi. Polanya sama, cuma kenapa ada yang membuat jadi beda. Ntar… ntar… lagi dicari titik temu sama benang merahnya… Sabar… sabar…

  10. luqmanhakim says:

    martoart said: (Masih nangis, lapor Gracia) Wa wa wa… Lukman luput. Tolong peluuuk…

    Tenang Mas…Ntar aku pintain Grace Natalie (tvOne) buat nenangin sampeyan… Apa mending Farid (antv) aja? Ha ha ha…

  11. buneyasmin says:

    Keren banget Mas! Ternyata sang pemenang itu dirimu ta???? Ungtung kampanye HAM buruk ya? hahaha!!!

  12. martoart says:

    Buat Rixco; Trims, bisa commentmu aku pake buat poin ke 11. (setelah aku cek lagi, gambar tapak kaki F finger dari rixco yg maksudnya untuk melecehkan HAM, ter/dihapus). Intinya HAM yg diledek sedemikian oleh si Rixco menjadi alasan ke sebelas.Buat Agam; Aku pernah jualan kaos dengan merek POLI-T-SHIRT, Jual mahal, laku keras. Sebagian untungnya di alokasikan buat bikin kaos gratis untuk aktivis Mhs 98 waktu itu. Berjudul “Reformasi Belum Selesai”. Untuk ERK, coba kunjungi postingannya Lukman.Buat Tefi; Trims Tef, kamu jangan nyerah dong. tetep posting meski digonggong anjing. hehehe…Buat Trias; Iseng gak melanggar HAM kok, asal gak mengusik Hak orang lain. (Kodew Ngalam, fotomu gak nok yo?)Buat Bune; Iya betul, kalo gak buruk aku gak bakal menang. hehehe..Buat Cech; Trims kiriman HAMBEGAnya. heheh..

  13. aidavyasa says:

    posternya dah bikin kenyang. tanpa text, imej nya dah mengungkapken segalanya. mantabh!

  14. ravindata says:

    Aku lebih suka kaos yang km pakai waktu kita beli rujak petis dulu…..Tapi hati2 ditangkap pak polisi …

  15. notapearl says:

    khusus yg no.5 : mungkinkah cm di Ind doank penculik bs nyalon jd presiden? wah klo sampe’ lolos jd presiden keren tuh…, tengkulak aja bs jd wapres koq…biar lah Ind kelar diculik, disiksa, terus dijual buat nyari laba….huhhh..Indonesia sayang, Indonesia malang…

  16. rixco says:

    notapearl said: khusus yg no.5 : mungkinkah cm di Ind doank penculik bs nyalon jd presiden? wah klo sampe’ lolos jd presiden keren tuh…, tengkulak aja bs jd wapres koq…biar lah Ind kelar diculik, disiksa, terus dijual buat nyari laba….huhhh..Indonesia sayang, Indonesia malang…

    jangan kan penculik bos bisa jadi presiden, germo pun kalau tuhan menghendaki bisa jadi presiden..! (syirik tanda tak mampu)

  17. notapearl says:

    rixco said: jangan kan penculik bos bisa jadi presiden, germo pun kalau tuhan menghendaki bisa jadi presiden..! (syirik tanda tak mampu)

    siapa yg sirik niy?klo aku siy nyadar jelas2 tak mampu dan terpenting TIDAK BERMINAT…maaf ya, ngapain jg syirik sm penculik…..

  18. rixco says:

    notapearl said: klo aku siy nyadar jelas2 tak mampu dan terpenting TIDAK BERMINAT…

    Oooo…! berarti mampunya cuman nggrutu doank…!šŸ˜€ ngirik aja bisanya …! ngatain wapres tengkulak..! Nggak ada Bobot nya sama sekali…! Presiden Suekarno itu anak orang miskin, presiden Soeharto anak petani. kenapa musti sirik terhadap wapres yang anda katakan “tengkulak”. itu kan sama aja menghina pres/wapres. terdahulu..Woy. ingat kata pepatah karena mulut badan binasa..!

  19. rixco says:

    notapearl said: khusus yg no.5 : mungkinkah cm di Ind doank penculik bs nyalon jd presiden? wah klo sampe’ lolos jd presiden keren tuh…, tengkulak aja bs jd wapres koq…biar lah Ind kelar diculik, disiksa, terus dijual buat nyari laba….huhhh..Indonesia sayang, Indonesia malang…

    Sepertinya pernyataan anda Menghina Kuasa Tuhan …! ingat tuhan segala-galanya yang menentukan, manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, jadi pernyataan anda “penculik bisa jadi presiden” dan “tengkulak bisa jadi capres” itu tuhan Men.. yang menentukan .. bahkan nyawa anda pun tuhan yang menentukan kasihan… nggak ada gunanya warga negara seperti kamu..

  20. martoart says:

    Buat V; Pasti kamu salah satu juri saat itu ya :)Buat Doni; Lebih keren kalu bisa main gitar deh… he heBuat Alvin; Kaos itu juga punya sejarah. Gara-gara desain yg oleh Polisi dianggap “Bahaya”, Distro Poli-T-Shirt digrebeg. Puluhan dagangan kaos disita, Terjadi salah tangkap (ada penjaga yg dikira aku, dia diinterogasi semaleman). Aku baru tahu setelah buron sebentar.Buat NAJ n Rixco; Silakan baku debat.Sekadar Info; Versi “Resmi” tulisanku ini rencananya dimuat hari ini (9 Desember 2008) di Koran Merdeka.

  21. notapearl says:

    rixco said: Oooo…! berarti mampunya cuman nggrutu doank…!šŸ˜€ ngirik aja bisanya …! ngatain wapres tengkulak..! Nggak ada Bobot nya sama sekali…! Presiden Suekarno itu anak orang miskin, presiden Soeharto anak petani. kenapa musti sirik terhadap wapres yang anda katakan “tengkulak”. itu kan sama aja menghina pres/wapres. terdahulu..Woy. ingat kata pepatah karena mulut badan binasa..!

    wuihhh segitunya…..wahai anda yg sok tahu isi hati orang, yg dgn pede-nya nge-judge SYIRIK, yg (mungkin) klo ngomong slalu berbobot..ngomongin Presiden RI, di sini sama sekali gak ada muatan utk menghina pres/ wapres terdahulu, tak ada ngomongin mslh kaya miskin..dan PERLU ANDA TAHU, saya pengagum nama besar seorang BUNG KARNO..terima kasih atas pepatah pengingatnya, dan alangkan indahnya klo anda sendiri pun mengingatnya. kan gak lucu yg ngingetin malah binasa sendiri akibat mulutnya…peace…

  22. notapearl says:

    rixco said: Sepertinya pernyataan anda Menghina Kuasa Tuhan …! ingat tuhan segala-galanya yang menentukan, manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, jadi pernyataan anda “penculik bisa jadi presiden” dan “tengkulak bisa jadi capres” itu tuhan Men.. yang menentukan .. bahkan nyawa anda pun tuhan yang menentukan kasihan… nggak ada gunanya warga negara seperti kamu..

    wadddduhhhh….yang bawa2 TUHAN kan anda, menghina TUHAN?wehhh deket banget sama TUHAN ya? sampe tau juga klo TUHAN merasa terhina.mslh ke-TUHAN-an itu private mslh sy sendiri dgn DIA, tak perlu lah anda turut campur.ada atau gak ada gunanya warga negara seperti saya, emg ngaruh buat anda?semoga RI bangga memiliki warga negara yang mati2an belain para pejabat tingginya….buat Mas Marto thanks atas tempatnya, tp maaf sy tdk berminat baku debat…., mendingan nonton The Simpsons…hehe…

  23. rixco says:

    notapearl said: wuihhh segitunya…..wahai anda yg sok tahu isi hati orang, yg dgn pede-nya nge-judge SYIRIK, yg (mungkin) klo ngomong slalu berbobot..ngomongin Presiden RI, di sini sama sekali gak ada muatan utk menghina pres/ wapres terdahulu, tak ada ngomongin mslh kaya miskin..dan PERLU ANDA TAHU, saya pengagum nama besar seorang BUNG KARNO..terima kasih atas pepatah pengingatnya, dan alangkan indahnya klo anda sendiri pun mengingatnya. kan gak lucu yg ngingetin malah binasa sendiri akibat mulutnya…peace…

    wakakakakak…anda tau Arti TENGKULAK .. sepertinya anda tidak tau.. ok gue jelaskan menurut sumber dari wikipedia :Tengkulak adalah orang yang memberi pinjaman uang tidak resmi dengan bunga tinggi. Pinjaman ini tidak diberikan melalui badan resmi, misalnya bank, dan bila tidak dibayar akan dipermalukan atau digebukijadi kalau anda mengatakan Wapres dulunya tengkulak berarti suatu penghinaan besar terhadap indonesia khususnya rakyat indonesia anda bisa ngasih bukti nggak bahwa Wapres dulunya bekas Tengkulak…sepertinya sama-sama online nih jadi nggak lama nunggu balesannya :

  24. rixco says:

    notapearl said: wadddduhhhh….yang bawa2 TUHAN kan anda, menghina TUHAN?wehhh deket banget sama TUHAN ya? sampe tau juga klo TUHAN merasa terhina.mslh ke-TUHAN-an itu private mslh sy sendiri dgn DIA, tak perlu lah anda turut campur.ada atau gak ada gunanya warga negara seperti saya, emg ngaruh buat anda?semoga RI bangga memiliki warga negara yang mati2an belain para pejabat tingginya….buat Mas Marto thanks atas tempatnya, tp maaf sy tdk berminat baku debat…., mendingan nonton The Simpsons…hehe…

    Ok…gue cabut kata-kata gue mengenai ini ini….! dan gue minta maaf …kita kembali ke pokok permasalahan kita semula..

  25. notapearl says:

    rixco said: wakakakakak…anda tau Arti TENGKULAK .. sepertinya anda tidak tau.. ok gue jelaskan menurut sumber dari wikipedia :Tengkulak adalah orang yang memberi pinjaman uang tidak resmi dengan bunga tinggi. Pinjaman ini tidak diberikan melalui badan resmi, misalnya bank, dan bila tidak dibayar akan dipermalukan atau digebukijadi kalau anda mengatakan Wapres dulunya tengkulak berarti suatu penghinaan besar terhadap indonesia khususnya rakyat indonesia anda bisa ngasih bukti nggak bahwa Wapres dulunya bekas Tengkulak…sepertinya sama-sama online nih jadi nggak lama nunggu balesannya :

    uuhhh baik sekali sampe’2 mau nyariin di wikipedia sgl…thanks ya, tp maaf saya gak butuh..ngebuktiin wapres tengkulak? cb tlg dibuktikan jg klo rakyat Indonesia merasa terhina…, rakyat yg sebelah mana? yg seperti apa? wew, jd curiga jgn2 tim sukses wapres ya…saya tdk berniat apalagi berminat adu debat thus cari musuh. klo mo nyari “temen” debat atopun musuh, maaf anda salah org.see ya…

  26. rixco says:

    notapearl said: uuhhh baik sekali sampe’2 mau nyariin di wikipedia sgl…thanks ya, tp maaf saya gak butuh..ngebuktiin wapres tengkulak? cb tlg dibuktikan jg klo rakyat Indonesia merasa terhina…, rakyat yg sebelah mana? yg seperti apa? wew, jd curiga jgn2 tim sukses wapres ya…saya tdk berniat apalagi berminat adu debat thus cari musuh. klo mo nyari “temen” debat atopun musuh, maaf anda salah org.see ya…

    wakakakka… jangan sombong….!! masih aja dia nggak ngaku ..?

  27. vistamylive says:

    notapearl said: uuhhh baik sekali sampe’2 mau nyariin di wikipedia sgl…thanks ya, tp maaf saya gak butuh..ngebuktiin wapres tengkulak? cb tlg dibuktikan jg klo rakyat Indonesia merasa terhina…, rakyat yg sebelah mana? yg seperti apa? wew, jd curiga jgn2 tim sukses wapres ya…saya tdk berniat apalagi berminat adu debat thus cari musuh. klo mo nyari “temen” debat atopun musuh, maaf anda salah org.see ya…

    OM.. GUE MERASA TERHINA BOS.., sudah salah nggak ngakuin kesalahannya… anjing lo…! mana ada warga negara yang pimpinannya di hina orang nggak tersinggung, waduh … bawa-bawa nama presiden, mo jadi provokator ya…COBA ERA ORDE BARU LO NGOMONG BEGITU, MUNGKIN BESOK NYAWA AKAN MELAYANG

  28. rixco said: wakakakakak…anda tau Arti TENGKULAK .. sepertinya anda tidak tau.. ok gue jelaskan menurut sumber dari wikipedia :Tengkulak adalah orang yang memberi pinjaman uang tidak resmi dengan bunga tinggi. Pinjaman ini tidak diberikan melalui badan resmi, misalnya bank, dan bila tidak dibayar akan dipermalukan atau digebukijadi kalau anda mengatakan Wapres dulunya tengkulak berarti suatu penghinaan besar terhadap indonesia khususnya rakyat indonesia anda bisa ngasih bukti nggak bahwa Wapres dulunya bekas Tengkulak…sepertinya sama-sama online nih jadi nggak lama nunggu balesannya :

    kalau memang betul si NotaPerl bilang begitu, gue juga tersinggung..

  29. martoart says:

    wah rame nih.Baik wan-kawan, sebelum urusan pertengkulakan berlanjut, sebaiknya kita cari sumber lain juga selain wikipedia. Sebab wikipedia lebih bersifat ke definisi bebas. Hampir siapapun bisa menyuntingl. Sekarang saya carikan pengertian dari sumber yang lebih khusus (Bahasa).# Kamus Besar Bahasa Indonesia.tengĀ·kuĀ·lak n pedagang perantara (yg membeli hasil bumi dsb dr petani atau pemilik pertama); peraih: harga beli para — umumnya lebih rendah dp harga pasar Silakan dilanjut…

  30. vistamylive says:

    martoart said: wah rame nih.Baik wan-kawan, sebelum urusan pertengkulakan berlanjut, sebaiknya kita cari sumber lain juga selain wikipedia. Sebab wikipedia lebih bersifat ke definisi bebas. Hampir siapapun bisa menyuntingl. Sekarang saya carikan pengertian dari sumber yang lebih khusus (Bahasa).# Kamus Besar Bahasa Indonesia.tengĀ·kuĀ·lak n pedagang perantara (yg membeli hasil bumi dsb dr petani atau pemilik pertama); peraih: harga beli para — umumnya lebih rendah dp harga pasar Silakan dilanjut…

    tapi arti cap “tengkulak itu identik sebagai tukang isap darah orang susah” apalagi NotaPerl seolah-olah menjurus ke arah sisi jelek arti tengkulak itu sendiri. akan lebih halus bila menggunakan kata-kata yang tidak menggunakan arti ganda seperti itu memang benar arti dari kamus bahasa indonesia engĀ·kuĀ·lak n pedagang perantara (yg membeli hasil bumi dsb dr petani atau pemilik pertama); peraih: harga beli para — umumnya lebih rendah dp harga pasar”tapi pengertian tengkulak sudah mengalami defaluasi arti menjadi Tengkulak adalah orang yang memberi pinjaman uang tidak resmi dengan bunga tinggi. Pinjaman ini tidak diberikan melalui badan resmi, misalnya bank, dan bila tidak dibayar akan dipermalukan atau digebuki seperti yang bung rixco bilangjadi akan lebih halus apabila kata-katanya sopan dan dan tidak menimbulkan arti ganda semacam ini,

  31. martoart says:

    Justru itu Vist, kalo misalnya (misalnya) niatan NAJ untuk melecehkan, kasih aja arti sesuai KBBI. Maka akan tawar dengan sendirinya. Dan kalau misalnya (misalnya lagi nih) niatan NAJ tidak untuk melecehkan, kasih aja arti sesuai Wikipedia. Maka akan melecehkan dengan sendirinya.Ya kan?

  32. rixco says:

    martoart said: wah rame nih.Baik wan-kawan, sebelum urusan pertengkulakan berlanjut, sebaiknya kita cari sumber lain juga selain wikipedia. Sebab wikipedia lebih bersifat ke definisi bebas. Hampir siapapun bisa menyuntingl. Sekarang saya carikan pengertian dari sumber yang lebih khusus (Bahasa).# Kamus Besar Bahasa Indonesia.tengĀ·kuĀ·lak n pedagang perantara (yg membeli hasil bumi dsb dr petani atau pemilik pertama); peraih: harga beli para — umumnya lebih rendah dp harga pasar Silakan dilanjut…

    tapi, cap tengkulak terlanjur di cap negatif dan mempunyai dua makna jadi disisi lain orang bisa berpanduan ke “Kamus besar bahasa” dan disisi lain tanpa melihat wikipedia pun orang bisa mengambil stigma negatif dari arti kata Tengkulak. tapi menurut saya malah KBBI ini yang sering tidak di pakai orang dalam mencari kata sebenarnya. contohnya saja arti kata anarki kebanyakan pers pun tidak mengambil arti sebenarnya dari KBBI bahkan cendrung arti secara stigma masyarakatjadi argumen gue nggak bisa di salahkan donk… karena dimana-mana orang mencap tengkulak itu negatif

  33. martoart says:

    lho, gue gak nyalahin argumen elo Rixc. Gua cuma nyediain ruang debat dan bantu kasih sumber lain. Kalian bertiga tamu, dan gue cuma belajar sbg tuan rumah yg baik. gue gak berpihak kepada orang, tapi pendapat.Kemudian mengenai keterlanjuran makna yang meluas, itu memang tak aman secara bahasa. gua selalu berusaha memakai yang bermakna tunggal agar terhindar. Yah kecuali untuk komentar ini, karena kata “Gua” yang gua pakai, bisa berarti ceruk dalam tebing.

  34. lagari says:

    To… aku ngunduh gambarmu…tentunya narok “hak ciptamu” satu saja katakuHAM di INDONESIA?????cape deeeh.

  35. martoart says:

    silakan unduh Bu Pendeta.šŸ˜€

  36. sepunten says:

    postere KIPA jez!, lah sampean kok osi walikan,Malang endi sampean heeee….salamheri hitoarema sing ndik jakarta

  37. martoart says:

    Nuwun Her. Dataku lihat aja di Profil.

  38. martoart said: Buat Trias; Iseng gak melanggar HAM kok, asal gak mengusik Hak orang lain. (Kodew Ngalam, fotomu gak nok yo?)

    Namanya juga iseng, jelas melanggar hak, kewajiban, tatanan, undang-undang, peraturan, moral, dst, dsb, dll… Asiknya, emang yang punya kita tuh, bukan punya orang lain. Sebelnya kan kalo punya kita itu diaku-aku orang lain sebagai miliknya juga. Matek wes…!!Males masang fotoku, Kang. Aku ga fotogenic, ngko malah nggarai sampeyan bingung, genahe sing dipasang iki budheng opo garangan…

  39. martoart said: Gua cuma nyediain ruang debat dan bantu kasih sumber lain.

    Wah, ga bakal sempet ma’mum masbuk, Mas…Asik-asik sampeyan punya gerombolan, yo! Berasa muda lagi aku bacanya. Pelintiran-pelintirannya menggugah iman, hehehe… Yang kayak gini nih dulu hampir saban hari sama mas Aji dan kroni-kroninya (sebelum aku ke Bali), face2face, sandingan kopi + rokok (kadang + alkohol).Huwawawawa… jadi homesick! Pingin mudik, hiks…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s