Tadarus Syaiton

[Tulisan untuk mengidupkan malam di bulan penuh rahmat]

Peran sebagai oposan telah disandang saat dia diposisikan sebagai golongan luar (kafir), surat perintah tugas telah dia kantongi tatkala dia diijinkan membujuk targetnya itu, juklak telah disetujui yaitu sampai hari kiamat, dan juknis serta strategi telah dibicarakan dengan Rob-nya;

Persekongkolan dengan Tuhan

Iblis; “…saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus (Al Araf 16). Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka…”(Al Araf 17).

Kemudian Allah berkata kepada Iblis; “Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barangsiapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahannam dengan kamu semuanya” (Al Araf 18).

Saya membayangkan kalimat yang juga didengar Adam ini membuatnya lengah, karena pasti Adam berpikir mana mungkin Iblis berani menyusup ke surga lagi untuk menggodanya. Tapi bagi Iblis itu adalah kalam persekongkolan Tuhan untuk memuluskan operasinya.

Mission Possible

Maka, tibalah saatnya melaksanakan misi melengserkan Adam dari surga. Dengan kalam pengalihan dari Tuhan tadi, kerjanya tidak akan sedemikian repot. Dia tengah menimbang cara apa yang paling asyik. Menyusup ke dalam tubuh ular, menyamar sebagai Malaikat Terang, atau berlagak menjadi pengemis sebagaimana Rahwana hendak menculik Shinta? Tampaknya Iblis tak perlu repot-repot mencari kostum. Dia memilih mendatangi langsung hati keduanya tanpa mereka curiga;

Maka syaitan membisikkan saran kepada keduanya untuk membuka apa yang tertutup dari mereka yaitu bagian pribadi… (Al Araf 20).

Saya merasa perlu menerjemahkan kata “Waswasa” milik setan dalam ayat tersebut sebagai sebuah bisikan dengan kata yang mengikutinya secara netral yaitu “Saran” bukan “Pikiran Jahat” seperti terjemahan Indonesia pada umumnya yang cenderung suudzon kepada setan. Juga kata “Sawatihima” tidak dengan “Aurat”, tetapi “Bagian Pribadi” atau “Bagian Khusus” kalau Anda mau. Tapi tentu saja Anda boleh tidak sependapat dengan saya. Bagian khusus itulah yang menjadikan Adam penasaran. Setan sangat tahu bagaimana cara membujuk makhluk yang dikutuk bertabiat mau tahu ini.

…dan syaitan berkata; “Tuhan tidak melarangmu mendekati pohon ini, melainkan agar kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang yang kekal (dalam surga)” (Al Araf 20).

Tuhan melarangnya mendekati pohon ini karena tidak mau dia akan kekal tinggal di surga seperti Malaikat. Dengan tidak langsung sebenarnya setan telah memberi bocoran kepada Adam bahwa dia memang tidak direncanakan bersemayam di surga. Adam merasa dikhianati Tuhannya, dan mulai terprovokasi ranumnya buah janji Iblis itu. Mereka memakannya dan teripu bahwa ternyata buah itu bukan dari pohon keabadian. Iblis tinggal melaporkan kesuksesan misinya kepada Tuhan.

Kemudian Allah berfirman; “Bukankah Aku telah melarang kamu berdua (dekat) dari pohon kayu itu, dan Aku (juga) katakan kepadamu bahwa sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?” (Al Araf 22).

…dan dia agen tersayangKu…

Saya menebak-nebak Allah meneruskan kalimat itu dalam hati-Nya.

Dan saya semakin tertarik dengan hikayat dua pohon…

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

27 Responses to Tadarus Syaiton

  1. aidavyasa says:

    martoart menggugat🙂

  2. aidavyasa says:

    Ataj’alu fiha man yufsidu fiha wa yasfikud-dima’ “Apakah Engkau akan menjadikan manusia yang AKAN merusak di bumi dan AKAN menumpahkan darah?”whieeww!!🙂

  3. pacarkecilku says:

    Hari ini setan terbelenggu ga ya?

  4. aidavyasa says:

    pacarkecilku said: Hari ini setan terbelenggu ga ya?

    kalau terbelenggu, aku yang akan melepaskanya …

  5. martoart says:

    “Apakah Engkau akan menjadikan manusia yang AKAN merusak di bumi dan AKAN menumpahkan darah?”Aku reply dengan copas comment dari sononya aja V…”Sesungguhnya Aku lebih tahu dari kamu sekalian Coy!”

  6. martoart says:

    pacarkecilku wrote; Wakakakaka…perca wrote; hihihihi…. (Itu semua contoh ketawa Syaiton niro – ketawa – Jin)kekekekek…..

  7. aidavyasa says:

    martoart said: kekekekek…..

    ini ketawanya sapa trus?ah, pasti Dewa!🙂

  8. orangketiga says:

    martoart said: “Sesungguhnya Aku lebih tahu dari kamu sekalian Coy!”

    Bukti bahwa Tuhan itu Maha Iseng.😀

  9. juraganerot says:

    mantep coyy,cocok jadi ustad nich hehehehe

  10. agunghima says:

    weh…asyik deh…kasihan setan deh…kasihan manusia deh…kasihan dh kita semua…wakakakakka

  11. aidavyasa says:

    orangketiga said: Bukti bahwa Tuhan itu Maha Iseng.😀

    dan Tuhan humoris :))

  12. savikovic says:

    mas, lha terus siti hawa gmana? kok mbok cuekin, ayo critain juga dong

  13. martoart says:

    savikovic said: siti hawa gmana? kok mbok cuekin, ayo critain juga dong

    Lagi shopping di Mall. hehehe… ntar kalo ada waktu aku cerita.

  14. ichamary says:

    So, syetan sebagai Agen yang akan menempati neraka ?

  15. martoart says:

    ichamary said: So, syetan sebagai Agen yang akan menempati neraka ?

    yep! back to Barrack

  16. renypayus says:

    baik2in setan, ah…. temenan sama agen tuhan, hahaahhaa.

  17. martoart says:

    renypayus said: baik2in setan, ah…. temenan sama agen tuhan, hahaahhaa.

    xixixixixi… ntar aku kenalin ma Mr. Crowley

  18. ohtrie says:

    pacarkecilku said: Hari ini setan terbelenggu ga ya?

    wakakakak, the original quote ik…apik wiss…..*moga ketawa itu tak masuk dalam kategorinya setan pun iblis (tapi malaikat picik, lohh..?!)

  19. grasakgrusuk says:

    martoart said: Dan saya semakin tertarik dengan hikayat dua pohon…

    untung kemaren pohonnya udah aku tebang mas, amaaaan, hehehe..

  20. martoart says:

    grasakgrusuk said: udah aku tebang

    wah, sayang… jangan-jangan dikau termasuk penebang pohon yg di sini: http://martoart.multiply.com/journal/item/50/50

  21. grasakgrusuk says:

    jiaahhh, lanjut meneh ngesot, meluncuuur.. :p

  22. umardiyati says:

    ^_^ bisa diikutin jalan ceritanyatapi sayangnya ga ada manusia yang tau cara ‘berpikirnya’ Tuhan hehehe……

  23. martoart says:

    umardiyati said: tapi sayangnya ga ada manusia yang tau cara ‘berpikirnya’ Tuhan hehehe……

    termasuk yg selama ini dipahami sebagai alur utama, adalah seolah paling tahu cara berpikirnya tuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s